STUDI KELAYAKAN BISNIS UNTUK PENGEMBANGAN USAHA “MISTER Q” DI PAKUWON TRADE CENTER
Abstract
Mister Q adalah suatu usaha yang bergerak di bidang makanan retail take away yang membawa konsep masakan Meksiko yaitu quesadilla ke dalam cita rasa yang sesuai dengan lidah masyarakat di Indonesia. Mister Q berlokasi di Royal Plaza lantai 3, namun seiring berjalannya pembukaan, Mister Q mengalami kerugian karena kendala lokasi, ciri pengunjung, kompetitor usaha dan gagalnya mengangkat produk utama setelah adanya penyesuaian produk dengan pasar. Fakta ketertarikan pasar terhadap makanan Meksiko menjadi dasar diadakan penelitian studi kelayakan bisnis untuk pengembangan usaha di Pakuwon Trade Center. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah usaha pengembangan Mister Q di Pakuwon Trade Center layak atau tidak untuk dilakukan. Penelitian akan dibahas dari sudut pandang lima aspek secara detail yaitu aspek pasar dan pemasaran, aspek hukum, aspek teknis, aspek keuangan dan aspek sumber daya manusia. Metode penelitian yang dipakai adalah metode penelitian deskriptif dengan menggunakan data primer observasi dan wawancara serta data sekunder berupa studi dokumentasi.

