PENGARUH MOTIVASI DAN PERSONAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN RESTORAN PINE TREE
Abstract
Industri makanan khususnya restoran merupakan sebuah bisnis yang memiliki persaingan cukup ketat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh simultan motivasi dan personal terhadap keputusan pembelian konsumen restoran Pine Tree dan menganalisis antara motivasi dan personal, manakah yang memiliki pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanasi. Metodologi analisis yang digunakan adalah analisa regresi linier berganda. Populasi yang digunakan adalah konsumen yang langsung makan di tempat yaitu restoran Pine Tree sebesar 3.348 orang. Pengambilan sampel menggunakan metode sistematic random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Variabel yang digunakan adalah variabel terikat berupa keputusan pembelian, dan variabel bebas berupa faktor motivasi dan faktor personal.
Hasil yang didapat dari penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi (X1) dengan nilai parsial sebesar 0,212 yang berarti motivasi berpengaruh signifikan sebesar 21,2% terhadap keputusan pembelian (Y). Personal (X2) dengan nilai parsial sebesar 0,490 yang berarti personal berpengaruh signifikan sebesar 49% terhadap keputusan pembelian (Y). Variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen restoran Pine Tree adalah personal (X2) dengan hubungan sebesar 49%.