PENGARUH MEREK DAN KEMASAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK BERAS PADA TOKO SUMBER HIDUP
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui signifikansi dan pengaruh variabel merek dan kemasan terhadap keputusan pembelian. Populasi yang diteliti a dalah seluruh pembeli produk beras pada Toko Sumber Hidup yang telah menyelesaikan transaksi pembayaran yaitu sebanyak 360 orang. Pengambilan sampel non - probabilitas, dengan judgemental sampling yang dengan cara menyeleksi populasi menggunakan pertimbanga n tertentu yang disesuaikan dengan tujuan penelitian dan dapat membantu peneliti memperoleh informasi yang dibutuhkan. Perhitungan sampel menggunakan rumus Slovin sehingga mendapatkan sampel sebesar 79 orang responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dibagikan di toko Sumber Hidup. Pengukuran data menggunakan model skala likert. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda . Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa variabel merek dan kemasan berpengaruh secara sig nifikan terhadap keputusan pembelian produk beras di toko Sumber Hidup yang dinyatakan dengan hasil koefisien determinasi (R2) sebesar 0,756 atau 75,6%., sedangkan sisanya sebesar 24,4% dipengaruhi oleh faktor lain. Secara parsial variabel merek dan kemasa n berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen dalam membeli produk beras di toko sumber hidup.