ANALISA PENGARUH GAYA HIDUP DAN TINGKAT KEPUASAN ANAK MUDA TERHADAP K EPUTUSAN PEMBELIAN DI THE COFFEE BEAN & TEA LEAF
Abstract
Pada zaman ini, gaya hidup anak muda yang paling diminati adala h pergi ke kafe. Anak muda merasa puas karena t ercapainya keinginan pergi ke kafe sudah terpenuhi sehingga dapat mempengaruhi ke putusan pembelian di suatu kafe. Kepuasan dari anak muda sangat perlu diperhatikan karena merupakan kunci utama untuk mencapai keberhasilan usaha di b idang jasa . Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh gaya hidup dan tingkat kepuasan anak muda terhadap keputusan pembelian di The Cof fee Bean & Tea Leaf. Pemb ahasan mengenai gaya hidup berhubungan dengan perilaku konsumen dan dipengaruhi oleh a ktivitas, minat dan opini. Ada enam konsep untuk mengukur kepuasan pelanggan, yaitu: kepuasan pelanggan keseluruhan, dimensi kepuasan pelanggan, konfirmasi ekspektasi, niat pembelian ulang, kesediaan untuk merekomendasi dan ketidakpuasan pelanggan . P embah asan mengenai keputusan pembelian berdasarkan pada pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian dan perilaku pasca pembelian. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. T empat yang digunakan untuk pene litian ini, yaitu: The Coffee Bean & Tea Leaf yang berada di dalam Tunjungan Plaza 3 L t 1 , Surabaya. Waktu pembuatan penelitian ini selama lima bulan, sejak awal bulan Februari 2010 sampai dengan akhir bulan Juni 2010. Sumber data dari penelitian ini beras al dari kuesioner, buku dan internet. Penelitian ini menggunakan metode survei (kuesion er), dokumentasi dan wawancara. Pengolahan data menggunaka n distibusi frekuensi, validitas, reliabilitas, korelasi, re gresi, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisit as dan hipotesa . Penyebaran kuesioner dilakukan kepada 100 responden anak muda yang kebetulan berada di The Coffee Bean & Tea Leaf Surabaya ketika penulis menyebarkan kuesioner. Penulis menggunakan program software SPSS 16.0 dalam perhitungan analisa stati stik data. Menurut hasil perhitungan, diketahui bahwa penelitian ini dikatakan valid dan reliabel sehingga bisa dilanjutkan untuk analisa data berikutnya. Hasil analisa data untuk korelasi dan regresi menunjukkan adanya hubungan antara gaya hidup dan tingk at kepuasan terhadap keputusan pembelian. Uji multikolinieritas dan heteroskedastisitas menunjukkan tidak terjadi multikolinieritas dan heteroskedastisitas sehingga tidak terjadi hubungan antara variabel bebas dan variabel bebas benar - benar hanya menjelask an variabel terikatnya. Hipotesa dalam penelitian ini tentang diduga ada pengaruh gaya hidup dan tingkat kepuasan terhadap keputusan pembelian di The Coffee Bean & Tea Leaf telah terbukti kebenarannya.