PERANCANGAN BRAND AKTIVASI DALAM MENGENALKAN BRAND “MAI KOPI” DI TENGAH KETATNYA PERSAINGAN BISNIS KOPI DI ZAMAN SEKARANG
Abstract
Banyaknya produk kopi siap minum dalam kemasan yang beredar di Indonesia menandakan bahwa bisnis ini memiliki peluang pasar yang besar. Masing-masing produsen berlomba-lomba menciptakan strategi untuk meraih pasar yang ada. Oleh karena itu Mai Kopi ingin terjun bersaing dengan menyediakan produk minuman kopi botolan dengan biji kopi Robusta pilihan asal Kintamani yang memiliki rasa soft tetapi masih terasa vibe kopinya, sehingga cocok untuk orang yang suka takut akan rasa sakit perut akibat kafein yang terkandung dalam kopi disaat anda beraktivitas dan juga sangat cocok untuk orang penikmat baru kopi. Mai Kopi merupakan brand kopi baru yang lahir di Denpasar. Keberadaan Mai Kopi ini belum banyak diketahui oleh masyarakat, dikarenakan banyaknya persaingan pasar yang menjamur dan kompetitif. Melihat kondisi demikian, maka kami mencoba merancang strategi kreatif Brand Activation terhadap Mai Kopi sebagai upaya untuk mengenalkan brand tersebut kepada masyarakat. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa perancangan Mai Kopi yang bernama “Coffee Club” dapat berupaya untuk mengenalkan pelanggan yang sudah ada maupun belum, serta memperkuat brand story dari Mai Kopi, sehingga nantinya dapat bersaing dengan kompetitor. Setelah merancang strategi kreatif brand activation “Coffee Club”, diharapkan keberadaan Mai Kopi dapat diketahui oleh masyarakat umum khususnya bagi para pecinta kopi yang berada di Denpasar.

