PERANCANGAN BRAND AKTIVASI DAN MEDIA KOMUNIKASI UNTUK BRAND CIRE YANG MERUPAKAN PENYEDIA PRODUK COSPLAY AGAR DAPAT DIKENAL KOMUNITAS COSPLAY
Abstract
Cosplay berasal dari kata costume dan play, yang berarti permainan kostum. Berasal dari Jepang dan Amerika, cosplay yang semula digemari oleh masyarakat Indonesia kini semakin populer, karena cosplay memiliki keunikan tersendiri yaitu, dengan menggunakan kostum, aksesoris, dan make-up seperti karakter permainan, manga, film kartun, dongeng, dan penyanyi dengan idola. Cosplay juga bisa digunakan untuk anak-anak, remaja, atau dewasa segala usia. Hal ini dikarenakan banyak nya acara cosplay mulai dari skala besar hingga kecil. Dan hal ini menciptakan lapangan baru yaitu Industri Cosplay . Saat ini, acara cosplay bisa dengan mudah ditemukan setiap tahun di daerah-daerah di Indonesia. Padahal, peningkatan produk sudah terjadi dalam 15 tahun terakhir pada cosplay (Seperti Custom , tata rambut, tata rias sepatu, senjata, dll) dibuat oleh para cosplay er, menggunakan tangan dan alat dasar yang ada, Dengan menggunakan kombinasi metode dan teknik dan campuran bahan. Seiring perkembangan zaman dimana budaya popular, anime , dan game sekarang banyak disukai orang serta dunia sudah menerima dengan baik budaya Cosplay . Dengan demikian, tepat bagi brand Cire untuk menggunakan jasa untuk dalam membuat custom prop. Cire adalah cosplay maker dimana menggunakan teknologi salah satunya yaitu laser cutting , 3d modelling dan 3d printing . Karena brand masih tergolong baru sehingga masih belum memulai aktivasi brand . Tidak hanya juga membuat props saja tentu juga ada konten untuk audience sehingga dapat memikat audience lebih banyak, salah satu contoh nya dengan menunjukkan progress video dalam pembuatan props , dengan konten tersebut, Cire dapat menggunakannya sebagai untuk membangun awareness pada media sosial. Melalui riset tersebut Cire Workshop memutuskan untuk membuat sebuah aktivasi melalui yang juga didukung oleh konten Instagram, promosi, video dan event

