IMPLEMENTASI BAURAN PEMASARAN UD JAYA ABADI JOMBANG
Abstract
B auran pemasaran adalah seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran di dalam pasar sasaran , penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu implementasi bauran pemasaran di UD Jaya Abadi. UD Jaya Abadi merupaka n salah satu distributor makanan ringan yang ada di Kota Jombang, Jawa Timur. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan marketing mix dalam UD Jaya Abadi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi 4P dalam marketing m ix dalam UD Jaya Abadi. Ada empat faktor dalam marketing mix , yaitu product , price , promotion , dan place . Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan metode pengumpulan data wawancara. Informan yang akan dipilih untuk mendapatkan informasi poko k dalam penelitian ini adalah pemilik dari UD Jaya Abadi, Konsumen UD Jaya Abadi, dan ahli pemasaran. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa bauran pemasaran atau marketing mix dari UD Jaya Abadi sudah cukup efektif. Produk yang dijual oleh UD Jaya Abadi sudah memiliki kualitas produk dan pelayanan produk yang baik dan disenangi oleh konsumen nya. Harga dari UD Jaya Abadi memang sedikit lebih mahal dibandingkan pesaing nya, tetap i UD Jaya Abadi memberikan fasilitas pembayaran secara cicilan. Promosi dari UD Jaya Abadi masih menggunakan iklan secara konvensional dengan datang langsung kepada agen - agen yang belum ber mitra dengan UD Jaya Abadi. Namun sesunguhnya UD Jaya Abadi masih memiliki peluang jika ingin menggunakan metode promosi melalui platform digital atau online yang tidak terpikirkan oleh pemilik UD Jaya Abadi guna untuk menjalin komunikasi, membangun hubungan dengan lingkungan luar, dan mendekatkan diri kepada calon custo mer di luar kota Jombang.

