ANALISIS PENGARUH PERCEIVED USEFULNESS , PERCEIVED EASE OF USE DAN TRUST OF SECURITY TERHADAP CUSTOMER LOYALTY MELALUI CUSTOMER SATISFACTION PADA APLIKASI OVO
Abstract
Saat ini, layanan mobile payment di Indonesia tengah berkembang. Salah satu layanan mobile payment yang memiliki pengguna terbanyak adalah OVO. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh faktor persepsi kemudahan, persepsi kegunaan da n kepercayaan dari konsumen terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen. Data pada penelitian ini didapatkan dari penyebaran kuesioner kepada para pengguna OVO di area Surabaya dengan kriteria sudah menggunakan OVO lebih dari tiga bulan. Kuisioner dibagikan k epada 262 responden, dan terdapat 202 responden yang memenuhi kriteria untuk selanjutnya dilakukan pengujian. Data hasil kuesioner tersebut diolah dengan metode CB - SEM dan bantuan program SPSS dan AMOS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada apli kasi OVO, persepsi kemudahan tidak berpengaruh signifikan terhadap persepsi kegunaan, persepsi kemudahan dan persepsi kegunaan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna, kepercayaan terhadap keamanan sistem berpengaruh signifikan terhadap kep uasan pengguna dan kepuasan pengguna berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pengguna.

