ANALISIS PENGARUH SERVICE MARKETING MIX 7P TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN DI KOZKO DIGITAL PRINTING
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan pada Kozko Digital Printing Surabaya. Variabel bauran pemasaran jasa yang digunakan dalam penelitian ini adalah product, price, promotion, place, people, physical evidence, dan process . Populasi dalam penelitian ini merupakan seluruh pelanggan yang pernah menggunaka n jasa Kozko Digital Printing pada tahun 2020 dan telah tercatat dalam database . Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden dengan teknik purposive sampling . Teknik pengambilan data dilakukan dengan membagikan kuesioner menggunakan skala likert . Metode analisis yang digunakan adalah kuantitatif dengan model Structural E quation Model (SEM) dan diolah dengan software Smart PLS 3.0. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa variabel product, price , place, people, dan process berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan di Kozko Digital Printing, sedangkan variabel promotion dan physical evidence tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan di Kozko Digital Printing dan kepuasan pelanggan berpengaruh terhadap loyalitas pela nggan . Kozko Digital Printing kedepannya diharapkan dapat memperluas variasi produknya dengan memasuki produk berbasis digital dan juga menambah platform penjualannya memasuki online platform.

