PERANCANGAN BRAND ACTIVATION IDEASICK MENGGUNAKAN MEDIA APLIKASI ANDROID
Abstract
Perancangan ini dilakukan dalam rangka aktivasi brand Ideasick dalam rangka mendapatkan brand awareness dari pengguna telepon genggam di Indonesia . Untuk mendapatkan brand awareness dari pengguna telepon genggam di Indonesia maka dibuatlah movement sosial berbasis aplikasi android . Movement sosial dipilih se bagai media pendekatan karena tren yang sedang berkembang di kalangan target market ideasick yaitu remaja dan dewasa awal adalah kegiatan sosial dan olahraga. Movement sosial yang diangkat berkaitan dengan nasionalisme dan permasalahan yang ada di Indonesi a, hal ini dilakukan untuk membentuk opini publik terhadap ideasick yang berasal dari Indonesia dan perduli terhadap bangsa dan negaranya. Bukan hanya itu, dalam aplikasi perdana ideasick ini juga ingin menunjukkan kualitasnya sebagai pengembang aplikasi t elepon genggam. Media aplikasi telepon pintar dipilih karena ideasick adalah sebuah brand pengembang aplikasi yang belum memiliki portofolio, sehingga aplikasi ini dapat menjadi portofolio bagi ideasick juga berdasarkan jumlah pengguna android yang jauh le bih tinggi jika dibandingkan dengan sistem operasi telepon genggam lainnya. Selain itu portofolio ini dibutuhkan sebagai salah satu cara untuk menyampaikan value dari brand Ideasick ke target market serta untuk mendapatkan kepercayaan dari market enterpris e . Melakukan brand activation dengan media aplikasi tidak dapat berjalan tanpa dukungan media lain, mengingat touchpoints dari media aplikasi yang sangat kecil karena jumlah aplikasi di pasar yang sangat banyak. Oleh karena itu dalam melakukan brand activa tion ini juga menggunakan media lain seperti youtube, media sosial dan juga iklan yang dilakukan oleh pihak ketiga, hal ini dilakukan semata - mata untuk meningkatkan jumlah touchpoints dari media aplikasi serta membantu membentuk opini publik terhadap brand ideasick
