PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL UNTUK PRODUK TAS GITAR KULIT DARI HEINNICK
Abstract
Perancangan ini dilakukan dalam rangka untuk memperkenalkan brand Heinnick Leather Guitar Case untuk masyarakat domestik dan multikultural. Heinnick adalah sebuah brand tas gitar kulit yang berdiri pada tahun 2015 dan berada di Surabaya. Penyusunan ident itas dan media komunikasi ini muncul berdasarkan masalah yang dihadapi oleh Heinnick di mana perusahaan ini baru berdiri dan belum memiliki identitas yang jelas. Sebagai brand yang baru berdiri, diperlukan sebuah identitas yang kuat agar value serta nilai emosional dan fungsional dapat tersampaikan, diingat serta dimengerti oleh target market. Untuk dapat memperkenalkan brand Heinnick, maka diperlukan strategi komunikasi visual dan penyusunan konsep identitas visual untuk membantu menyelesaikan permasalahan dari Heinnick sehingga diharapkan mampu memunculkan awareness terhadap masyarakat. Identitas visual merupakan salah satu metode untuk memperkenalkan sekaligus mendongkrak penjualan kepada konsumen. Salah satu cara untuk memperkenalkan identitas visual yan g efektif dan efisien adalah dengan membuat logo perusahaan yang mampu menyampaikan value perusahaan . K arena dengan logo yang mampu menyampaikan pesan tersebut, maka Heinnick akan mudah diingat serta memunculkan brand awareness kepada target market. Identitas visual yang dibuat untuk Heinnick Leather Guitar Case akan disesuaikan dengan karakter perusahaan dan value yang ditawarkan kepada target market. Hal ini bertujuan agar Heinnick dapat dikenal dan dibedakan pesaing lainnya. Dengan penyesuaian ini juga diharapkan agar image dari Heinnick mampu dibentuk di benak konsumen agak mudah dikenal. Dalam melaksanakan identitas visual tersebut, media komunikasi juga berperan penting agar value dan nilai jual yang disampaikan dapat diketahui dan diingat oleh t arget market Heinnick. Elemen - elemen yang ada dalam pembuatan brand ini turut berperan dalam menentukan penilaian masyarkat terhadap produk dari Heinnick

