STUDI PENGEMBANGAN BISNIS USAHA DISTRIBUSI KAOS “PLAYMAKER” DI SURABAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan pengembangan bisnis Playmaker dalam hal distribusi produk ditinjau dari aspek pasar, aspek hukum, aspek teknis, aspek manajemen dan aspek keuangan. Estimasi masa pengembangan adalah tiga tahun sejak tahun 2013 hingga 2015. Playmaker merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri fesyen dengan produk berupa t-shirt Pengembangan distribusi Playmaker rencananya dilakukan di toko-toko yang menjual t-shirt pria di Pasar Atum dan PTC. Penelitian ini menggunakan metode kuesioner untuk memperoleh data aspek pasar. Kuesioner berjumlah sebanyak 33 buah dan dibagikan kepada pemilik dari toko yang potensial di dua pusat perbelanjaan tersebut. Hasil kuesioner digunakan untuk memproyeksikan jumlah penjualan dalam aspek keuangan. Setiap aspek dalam penelitian ini memiliki indikator kelayakan yang disesuaikan dengan perusahaan Playmaker. Hasil analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa studi kelayakan pengembangan bisnis usaha distribusi kaos Playmaker di Surabaya layak untuk dilaksanakan ditinjau dari aspek pasar, aspek hukum, aspek teknis, aspek manajemen dan aspek keuangan.

