Show simple item record

dc.contributor.authorSetianto, Victor Yuwono
dc.date.accessioned2025-07-22T03:45:45Z
dc.date.available2025-07-22T03:45:45Z
dc.date.issued2013
dc.identifier.urihttps://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/8351
dc.descriptionThe purpose of this study is to determine the development feasibility of distribution channels for Ide Kreatif, which initially works with other distributors, in order to become an independent distributor . The method used is descriptive . Population and the sample are determined by the method of Judgment Sampling . The aspects examined in this study are market and marketing aspects , legal aspects , technical aspects , human resource management aspects and financial aspects . Results for marketing aspects show that every year the number of companies in the publishing industry increases by 4%, the number of customers in Ide Kreatif ’s new distribution channels is as much as four stores , and that Ide Kreatif is in quadrant one (SO, which is beneficial in the SWOT analysis. Results for legal aspects show the required documents , licensing procedures, and estimate d cost and time required to have legal entity . Results for technical aspects show that the business location for Ide Kreatif is economic al and strategic, has a layout design that maximizes t he use of planning, and also uses a draft of SOP of what needs to be done. Results for human resource management aspects show that Ide Kreatif can define and formulate human resource needs such as the number of workers needed , job descriptions, and also the compensation criteria. Result for financial aspects show that Ide Kreatif can make profit in three conditions , which are normal, optimistic and pessimistic. The payback period of Ide Kreatif is also less than the time required in the three conditions, The result of NPV is greater than 0 in the three conditions and the result of IRR is greater than BCA’s loan rate for April 2013, which amounts to 10,5% in all three conditions. Analysis of the five aspects provide a result that the distribution channels development plan for Ide Kreatif is feasible to run. This research is limited to the five aspects previously mentioned and the location scope consists of only Surabaya..en_US
dc.description.abstractTujuan dari penelitian ini adalah menentukan kelayakan pengembangan saluran distribusi dari yang awalnya bekerja sama dengan distributor lain menjadi distributor yang mandiri. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Populasi dan sampel ditentukan oleh metode Judgement Sampling . Aspek - aspek yang diteliti dalam penelitian ini adalah aspek pasar dan pemasaran, aspek hukum, aspek teknis, aspek manajemen SDM dan aspek keuangan. Hasil penelitian aspek pemasaran menunjukkan bahwa jumlah perusahaan di industri penerbitan setiap tahun meningkat 4%, jumlah pelanggan Ide Kreatif di saluran distribusi baru sebanyak empat toko dan usaha Ide Kreatif berada di kuadran satu (SO) yang menguntungkan dalam analisis SWOT. Hasil penelitian aspek hukum menujukkan jenis dokumen, tata cara perizinan serta estimasi biaya dan waktu yang dibutuhkan Ide Kreatif agar memiliki badan hukum. Hasil penelitian aspek teknis menunjukan bahwa lokasi usaha Ide Kreatif strategis dan ekonomis, memiliki layout design yang memaksimalkan penggunaan tata ruang serta memiliki rancangan SOP yang dapat dilakukan. Hasil penelitian aspek manajemen SDM menunjukkan bahwa Ide Kreatif dapat menentukan dan merumuskan kebutuhan yang berkaitan dengan SDM seperti jumlah kebutuhan pekerja, deskripsi pekerjaan, kriteria penerimaan serta kompensasi yang diberikan. Hasil penelitian aspek keuangan menunjukkan usaha Ide Kreatif dapat menghasilkan laba di tiga kondisi yaitu normal, optimis dan pesimis. Payback Period Ide Kreatif juga kurang dari waktu yang disyaratkan di tiga kondisi, nilai NPV yang lebih besar dari 0 di tiga kondisi dan nilai IRR yang lebih besar dari nilai suku bunga dasar kredit BCA April 2013 10,5% di tiga kondisi. Analisa dari lima aspek tersebut memberi hasil bahwa usaha Ide Kreatif dinyatakan layak untuk mengembangkan saluran distribusinya. Keterbatasan dari penelitian ini hanya ditinjau dari lima aspek dan penelitian ini hanya dilakukan di Surabaya.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Ciputraen_US
dc.subjectStudi Pengembangan Saluranen_US
dc.subjectAspek Pasar dan Pemasaranen_US
dc.subjectAspek Hukumen_US
dc.subjectAspek Teknisen_US
dc.subjectAspek Manajemen SDMen_US
dc.subjectAspek Keuanganen_US
dc.subjectChannels Development Studyen_US
dc.subjectMarket and Marketing Aspectsen_US
dc.subjectLegal Aspectsen_US
dc.subjectTechnical Aspectsen_US
dc.subjectHuman Resource Management Aspectsen_US
dc.subjectFinancial Aspectsen_US
dc.titleSTUDI PENGEMBANGAN SALURAN DISTRIBUSI PADA USAHA IDE KREATIF DI SURABAYAen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.kodeprodi61201
dc.identifier.nim10109149
dc.identifier.dosenpembimbingLenny Gunawan


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record