ANALISIS ATRIBUT KEMASAN YANG MENJADI PREFERENSI KONSUMEN TEH ROSELLA IN - TEA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa atribut kemasan yang menjadi preferensi konsumen teh rosella In-Tea. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang pernah membeli, serta berpotensi membeli produk teh rosella di Surabaya, yang mana semuanya berjumlah 100 responden. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan variabel antara lain bentuk kemasan, ukuran berat kemasan dan bahan kemasan. Atribut bentuk kemasan memiliki dua level , yaitu bentuk persegi dan bentuk tas. Atribut ukuran berat kemasan ada tiga level , yaitu 50 gram, 80 gram dan 100 gram. Atribut bahan kemasan ada dua level , yaitu bahan kertas duplex dan paper bag . Data dalam penelitian ini akan diproses dengan analisis konjoin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut kemasan yang paling penting adalah ukuran, kemudian bentuk dan terakhir bahan. Kemasan yang disukai oleh konsumen dalam memilih kemasan teh rosella In-Tea adalah kemasan berbentuk persegi, kemasan berukuran 50 gram dan kemasan berbahan kertas duplex.

