PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI PIZZA STATION CITRALAND SURABAYA
Abstract
Penelitan ini dilatar-belakangi oleh permasalahan kualitas produk dan layanan yang berada di pizza station berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan yang datang ke restoran pizza station. Dalam permasalahan di atas kualitas produk dan layanan diatas peneliti ingin memberikan saran bisnis restoran yang berpedoman pada konsumen dengan harapan akan memberikan segala kemudahan dan pelayanan yang memuaskan untuk menjadi pedoman utama sebuah restoran. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan layanan terhadap kepuasan pelanggan di Pizza Station. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kausal dengan pendekatan kuantitatif. Penggunaan penelitian kausal karena penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti yang ber hubungan dengan sebab - akibat atau pengaruh dari variabel - variabel penelitian. Penelitian kausal adalah penelitian yang bertujuan untuk menganalisis hubungan - hubungan antara satu variabel dengan variabel lainnya dan bagaimana suatu variabel m empengaruhi variabel lainnya. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Metode kuantitatif menekankan pada data numeric sehingga dapat dianggap sebagai bukti seluruh populasi. Hasil penelitian ini adalah kualitas produk dan kualitas layanan berpengaruh terhadap kepuasaan pelanggan, dan diantara dua faktor itu lebih dominan kualitas produk yang berpengaruh terhadap kepuasaan pelanggan.

