ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DI RESTORAN HACHI-HACHI TUNJUNGAN PLASA, SURABAYA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan terhadap loyalitas konsumen di Restoran Hachi-Hachi Tunjungan Plasa Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Populasi dari penelitian ini adalah konsumen dari Restoran Hachi-Hachi yang pernah mengunjungi restoran lebih dari satu kali. Penelitian ini menggunakan 2 variabel independen yaitu kualitas produk (X 1 ) dan kualitas layanan (X 2 ) dan 1 variabel dependen yaitu loyalitas konsumen (Y). Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan membagikan kuesioner berskala Likert tanpa nilai netral. Peneliti juga mengadakan wawancara dengan manajer Restoran Hachi-Hachi untuk memperoleh masalah penelitian. Penelitian ini menggunakan software SPSS 20.0. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kualitas produk dan kualitas layanan berpengaruh terhadap loyalitas konsumen di Restoran Hachi-Hachi.

