PENERAPAN SERVICE PROFIT CHAIN TERHADAP KUALITAS OPERASIONAL (STUDI KASUS KAYUMANIS JIMBARAN PRIVATE ESTATE AND SPA BALI)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Service Profit Chain di Kayumanis Jimbaran Private Estate and Spa serta dampaknya terhadap kualitas operasional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan Service Profit Chain sebagai variabel dependent dan kualitas operasional sebagai variabel independent . Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah okupansi Kayumanis Jimbaran Private Estate and Spa selama periode bulan Juli hingga Desember 2014, sedangkan sampel dari penelitian ini adalah tamu yang mengisi guest comment selama periode waktu yang sama. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan observasi langsung dan wawancara dengan pihak manajemen Kayumanis Jimbaran Private Estate and Spa. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa penerapan Service Profit Chain saling mempengaruhi khususnya terhadap kualitas operasional di Kayumanis Jimbaran Private Estate and Spa.

