Show simple item record

dc.contributor.authorAldania, Zhavira Ayu Ratri
dc.date.accessioned2025-07-29T08:59:46Z
dc.date.available2025-07-29T08:59:46Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttps://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/8460
dc.descriptionThe purpose of this study is to determine the function of exhibition for Radin to ensure that the company’s event marketing efforts like exhibitions are better than before. Radin is a Surabaya - based company which engages in the fashion industry . The company was established in August 2013. The main produc t of this company is leather bags that are combined with Indonesian traditional materials , such as woven fabrics, traditional scarf, bamboo , and wood. The com pany does not only produce bags but also accessories , such as bracelets, wallets and pencil boxes. This study involves five interviewees; two companies, a business owner of an e vent organizer , and two Radin customer s . The sampling technique used is purposi ve sampling with qualitative descriptive as research approach . Interview and data documentation are used as data collection methods. Interview is used t o determine the function of exhibition from the perspective of the informants. The data results are vali dated using the Member Check method. Results suggest that as a part of event marketing, exhibition has a very wide function. Previously using exhibitions as offline stores and a means to increase turnover, Radin can now benefit from the other functions of an exhibition. Based on the interview results, exhibition can improve the networking between companies, which can stimulate new business partnerships. Exhibition also allows companies to perform branding strategies to increase brand awareness and image. W hen the company’s brand is well - established, the company can use its event marketing to improve the credibility a nd the existence of the company. The company can offer products to consumers using good communication methods, such as being friendly, to build customer’s trust and loyalty to the brand. In addition, the company can provide user experience to customers for them to get first - hand experience on the products. Exhibition can also act as a platform for entrepreneurs with start - up businesses to test an d improve their abilities in direct marketingen_US
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui fungsi dari pameran bagi perusahaan agar kegiatan pameran sebagai event marketing Radin lebih berkembang dari sebelumnya. Radin merupakan perusahaan yang bergerak dalam industri fashion , berasal dari Surabaya. Radin didirkan pada 1 Agustus tahun 2013. Produk utama dari perusahaan tersebut adalah tas berbahan dasar kulit yang di kombinasi dengan bahan tradisional Indonesia, seperti kain tenun, ikat, bambu hingga kayu. Bukan hanya memproduksi tas, Radin juga memproduksi aksesoris seperti gelang, dompet dan kotak pensil. Penelitian ini melibatkan 5 narasumber, yaitu dua pelaku usaha, satu pemilik usaha event organizer dan dua konsumen Radin. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, yang mana jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara yang didukung dengan pendokumentasian data. Wawancara digunakan untuk mengetahui fungsi pameran dari sudut pandang informan. Pengecekan keabsahan data menggunakan member check . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pameran yang merupakan bagian dari event marketing memiliki fungsi yang sangat luas. Radin yang sebelumnya menggunakan pameran hanya sebagai offline store dan sebagai media untuk menaikkan omzet perusahaan, jadi mengetahui fungsi lain yang di dapat dari pameran. Dari hasil wawancara dengan informan, pameran bisa berfungsi sebagai tempat untuk menambah networking perusahaan sehingga bisa sekaligus mencari mitra bisnis guna menjalin kerjasama dengan perusahaan lain. Selain itu, branding perusahaan juga bisa dilakukan melalui pameran sehingga mampu meningkatkan brand awareness dan menaikkan brand image perusahaan. Dengan branding yang sudah kuat, melalui event marketing ini perusahaan bisa meningkatkan eksitstensinya dan menunjukkan kredibilitas perusahaannya yang baik dengan melakukan komunikasi seperti menawarkan konsep produk dengan baik dan ramah sehingga terbentuk kepercayaan dari konsumen yang bisa menjadi loyal konsumen Radin. Di samping itu, perusahaan bisa menciptakan user experience dengan konsumen, sehingga konsumen bisa merasakan produk yang dipasarkan. Di sisi lain, pameran bisa menjadi wadah untuk para pengusaha yang sedang merintis usaha untuk menguji kemampuannya secara langsung.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Ciputra Surabayaen_US
dc.subjectPameranen_US
dc.subjectFungsi Pameranen_US
dc.subjectEvent Marketingen_US
dc.subjectExhibitionen_US
dc.subjectExhibition Functionen_US
dc.subjectEvent Marketingen_US
dc.titleFUNGSI PAMERAN PADA BISNIS RADINen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.kodeprodi61201
dc.identifier.nim10112159
dc.identifier.dosenpembimbingWirawan Endro Dwi Radianto


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record