FUNGSI PAMERAN PADA BISNIS RADIN
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui fungsi dari pameran bagi perusahaan agar kegiatan pameran sebagai event marketing Radin lebih berkembang dari sebelumnya. Radin merupakan perusahaan yang bergerak dalam industri fashion , berasal dari Surabaya. Radin didirkan pada 1 Agustus tahun 2013. Produk utama dari perusahaan tersebut adalah tas berbahan dasar kulit yang di kombinasi dengan bahan tradisional Indonesia, seperti kain tenun, ikat, bambu hingga kayu. Bukan hanya memproduksi tas, Radin juga memproduksi aksesoris seperti gelang, dompet dan kotak pensil. Penelitian ini melibatkan 5 narasumber, yaitu dua pelaku usaha, satu pemilik usaha event organizer dan dua konsumen Radin. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, yang mana jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara yang didukung dengan pendokumentasian data. Wawancara digunakan untuk mengetahui fungsi pameran dari sudut pandang informan. Pengecekan keabsahan data menggunakan member check . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pameran yang merupakan bagian dari event marketing memiliki fungsi yang sangat luas. Radin yang sebelumnya menggunakan pameran hanya sebagai offline store dan sebagai media untuk menaikkan omzet perusahaan, jadi mengetahui fungsi lain yang di dapat dari pameran. Dari hasil wawancara dengan informan, pameran bisa berfungsi sebagai tempat untuk menambah networking perusahaan sehingga bisa sekaligus mencari mitra bisnis guna menjalin kerjasama dengan perusahaan lain. Selain itu, branding perusahaan juga bisa dilakukan melalui pameran sehingga mampu meningkatkan brand awareness dan menaikkan brand image perusahaan. Dengan branding yang sudah kuat, melalui event marketing ini perusahaan bisa meningkatkan eksitstensinya dan menunjukkan kredibilitas perusahaannya yang baik dengan melakukan komunikasi seperti menawarkan konsep produk dengan baik dan ramah sehingga terbentuk kepercayaan dari konsumen yang bisa menjadi loyal konsumen Radin. Di samping itu, perusahaan bisa menciptakan user experience dengan konsumen, sehingga konsumen bisa merasakan produk yang dipasarkan. Di sisi lain, pameran bisa menjadi wadah untuk para pengusaha yang sedang merintis usaha untuk menguji kemampuannya secara langsung.

