ANALISIS KONDISI PERUSAHAAN HERA KARIKATUR BERDASARKAN ASPEK FINANCIAL DAN NONFINANCIAL
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kondisi aspek financial dan non - financial pada perusahaan sehingga dapat diketahui strategi apa yang harus dilakukan agar dapat bertahan demi keberlangsungan perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan analisis rasio untuk menganalisis aspek financial dan menggunakan analisis preferensi untuk menganalisis aspek non - financial. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data laporan keuangan dan nonkeuangan usaha selama empat kuartal, yaitu kuartal III September 2011, kuartal IV Desember 2 011, kuartal I Maret 2012, dan kuartal II Juni 2012. Hasil penelitian menunjukkan Hera Karikatur memiliki kondisi financial yang belum baik. Kemampuan Creative Factory sebagai perusahaan benchmarking dalam memperoleh laba yang berhubungan dengan penjualan mempunyai angka sebesar empat koma tujuh kali lebih baik dibanding dengan Hera Karikatur. Kemampuan Creative Factory sebagai perusahaan benchmarking dalam memperoleh laba usaha dari aktivitas operasionalnya lebih baik lima koma lima puluh delapan kali dib andingkan dengan Hera Karikatur. Rasio gross profit margin dan operating profit margin yang diperoleh usaha, yaitu sebesar 14,46% - 23,55% dan 8,44% - 19,93%. Hal ini dikarenakan harga pokok produksi dan biaya operasional yang tinggi. Kondisi non - financial usa ha Hera Karikatur juga belum baik karena belum memenuhi indikator, yaitu kemudahan akses pelanggan dalam melakukan pemesanan, dalam hal ini masih memerlukan perbaikan pada dimensi tangible, terutama pada kelancaran alat komunikasi. Kondisi financial dan no nfinancial Hera yang belum baik ini menyebabkan laba yang diterima oleh perusahaan menjadi berfluktuatif.
