• Login
    View Item 
    •   DSpace Home
    • Skripsi, Tesis dan Disertasi
    • Fakultas Ilmu Komunikasi
    • Ilmu Komunikasi
    • View Item
    •   DSpace Home
    • Skripsi, Tesis dan Disertasi
    • Fakultas Ilmu Komunikasi
    • Ilmu Komunikasi
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS ISI PESAN PERSAHABATAN DALAM FILM "TOY STORY 4 (2019)"

    Thumbnail
    View/Open
    Judul (1.751Mb)
    Halaman Pernyataan Keaslian (1.819Mb)
    Kata Pengantar (3.407Mb)
    Abstrak (3.376Mb)
    Daftar Isi (5.055Mb)
    Daftar Gambar (1.687Mb)
    Daftar Tabel (1.687Mb)
    Daftar Lampiran (1.687Mb)
    Bab 1 (15.07Mb)
    Bab 2 (26.47Mb)
    Bab 3 (10.02Mb)
    Bab 5 (6.618Mb)
    Bab 4 (28.49Mb)
    Daftar Pustaka (5.094Mb)
    Lampiran 1 (901.3Kb)
    Date
    2023-09-28
    Author
    Wokas, Jeinny Angelica Injili
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Dalam film terdapat pesan-pesan yang dapat kita jumpai, salah satunya ialah pesan persahabatan. Pesan persahabatan merupakan sebuah gagasan hubungan antara dua orang atau lebih yang sangat akrab dan selalu melakukan aktivitas bersama. Pesan persahabatan dapat kita jumpai dalam film-film salah satunya film animasi. Film animasi sendiri merupakan salah satu kategori film yang popular terutama di kalangan anak-anak. Toy Story 4 merupakan salah satu film animasi yang diproduksi oleh Pixar Animation Studios untuk Walt Disney Pictures. Film ini menjadi film animasi terbaik di Oscar 2020 dan telah mendapatkan banyak penghargaan lainnya. Toy Story 4 sukses di pasaran dengan penghasilan 1,073 miliar USD. Adanya pesan-pesan persahabatan yang ditampilkan dalam film Toy Story 4 membuat peneliti tertarik untuk menelitinya dengan menggunakan metode analisis isi kuantitatif deskriptif. Penulis menggunakan metode pengumpulan data dengan dokumentasi scene dalam film, serta menggunakan metode analisis data dengan membuat tabel definisi operasional. Penulis juga tidak lupa menggunakan validitas konstruk yang mana hal tersebut akan membantu peneliti menghubungkan suatu instrument pengukuran dengan kerangka kerja. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam film animasi Toy Story 4 (2019), variabel ketulusan (tidak ada rasa segan, tidak ada rasa malu, tidak ada rasa bersaing/kompetisi) menjadi indikator pesan persahabatan yang frekuensi penampilan paling tinggi dengan jumlah 47 kali atau setara dengan 35,87%. Sedangkan variabel loyalitas (jujur, setia, percaya) menjadi indikator pesan persahabatan yang durasi penampilan paling lama dengan jumlah 997 detik atau setara dengan 40,25%. Adegan-adegan yang mengandung pesan persahabatan ditampilkan secara berulang dan terkadang tidak terlalu menonjol, maka dari itu untuk penelitian selanjutnya disarankan untuk menganalisis lebih mendalam.
    URI
    https://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/8615
    Collections
    • Ilmu Komunikasi

    Copyright©  2017 - LPPM & Library Of Universitas Ciputra
    »»» UC Town CitraLand, Surabaya - Indonesia 60219 «««
    Powered by : FreeBSD | DSpace | Atmire
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    Copyright©  2017 - LPPM & Library Of Universitas Ciputra
    »»» UC Town CitraLand, Surabaya - Indonesia 60219 «««
    Powered by : FreeBSD | DSpace | Atmire