ANALISIS PENERAPAN STRATEGI SALES PROMOTION PADA GERAI PIZZA HART TULUNGAGUNG
Abstract
Perkembangan industri kuliner di Indonesia begitu pesat. Kini restoran –restoran dengan bermacam-macam tipe tengah menjamur di berbagai daerah, mulai dari cafe/bistro,restoran cepat saji , restoran casual dining, restoran fine dining, hingga restoran khusus seperti restoran Korean, Italian, Japanese. Untuk tetap bertahan di tengah persaingan industri kuliner yang semakin ketat perlu adanya peningkatan strategi promosi melalui bauran promosi. Dengan demikian perusahan mampu membagikan informasi mengenai produk baik barang maupun jasa yang ditawarkan kepada pelanggan sehingga pelanggan dapat mengetahui keberadaan produk. Dalam penelitian ini peneliti ingin menganalisa penerapan strategi sales promotion yang merupakan salah satu unsur di dalam communication mix pada gerai Pizza Hart Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode kuasi kualitatif dengan pendekatan post positivisme yang didukung dengan desain penelitian SRD (Simple Research Desain). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui salah satu bauran komunikasi yaitu sales promotion yang diterapkan gerai Pizza Hart Tulungagung dalam menciptakan product knowledge bagi konsumen. Hasil penelitian menjelaskan bahwa dari 11 bentuk promosi yang dijelaskan, Pizza Hart Tulungagung telah menerapkan 8 bentuk promosi yaitu sampel contoh, diskon, undian, paket harga, hadiah, demonstrasi, tawaran uang kembali, promosi gabungan, point of purches, kupon dan tiga bentuk promosi yang belum dilaksanakan yaitu promosi silang, program frekuensi, dan imbalan berlangganan. Bentuk kegiatan promosi yang diberikan kepada konsumen bermacam-macam mulai dari memberikan contoh produk baru pada konsumen, pemberian harga promo,pemberian kupon potongan harga,penawaran paket bundling pada moment tertentu seperti tahun baru hingga bulan ramadhan, pemberian hadiah melalui instagram,hingga melakukan kerjasama dengan pihak penyedia layanan pesan antar.

