Show simple item record

dc.contributor.authorVeronika, Martda Angelia
dc.date.accessioned2025-10-03T02:06:39Z
dc.date.available2025-10-03T02:06:39Z
dc.date.issued2023-05-23
dc.identifier.urihttps://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/8617
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh kesadaran akan peranan marketing yang besar agar sebuah bisnis dapat terus bergerak bahkan bertumbuh. Pada penelitian kali ini menggunakan metode kuasi kualitatif dimana pengumpulan data dilakukan dengan wawancara. Objek penelitian ini juga tergolong unik sebab produk yang dijual adalah hasil bumi. Bergerak di bidang pangan dan menjadi makanan primer bagi seluruh masyarakat Indonesia, tanpa disadari bahwa komoditas kedelai adalah salah satu dari komoditi import. Sehingga segmentasi yang tepat bagi penelitian ini adalah perajin tahu dan tempe. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian lebih dalam lagi terkait strategi promosi yang tepat dilakukan sehingga bersifat efektif. Berbicara masalah strategi promosi terdapat banyak sekali strategi promosi yang dapat digunakan dalam sebuah usaha seperti Marketing Mix yang dikemukakan oleh Kotler. Kemudian berkembang menjadi Promotional Mix. Semua fungsi dalam pendekatan tersebut memberikan penekanan pada bagian promotion yang kemudian melahirkan pendekatan Communication Mix yang lebih berfokus pada aspek komunikasi dalam kegiatan pemasaran. Oleh sebab itu penelitian ini menggunakan pendekatan Communictaion Mix yang memiliki beberapa elemen yang dapat digunakan untuk membantu strategi promosi menjadi lebih terarah. Beberapa elemen yang cenderung sering dan relevan digunakan oleh UD Mama Jaya yang memiliki sifat B2B yaitu Word Of Mouth, direct marketing, dan selling. Simpulan dari penelitian ini menyebutkan bahwa penerapan teori masih relevan, sesuai, dan efektif khususnya bagi variable Word Of Mouth yang juga dilengkap dengan direct marketing dan selling. Sedangkan untuk selling disini selain menekankan pada product knowledge. Ada juga sikap “cek harga” tanpa terjadinya transaksi yang dianggap wajar dalam perdagangan yang dilakukan oleh UD Mama Jaya. Meskipun penerapannya belum seimbang disini. Namun saat penggunaan bantuan media komunikasi lebih dioptimalkan maka progress yang bisa di alami oleh UD Mama Jaya juga lebih besar dan jangkauannya dapat lebih luas.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Ciputraen_US
dc.subjectCommunication Mixen_US
dc.subjectUD. Mama Jayaen_US
dc.subjectWord Of Mouthen_US
dc.subjectDirect Marketingen_US
dc.subjectSellingen_US
dc.titleANALISIS PENERAPAN STRATEGI PROMOSI DENGAN PENDEKATAN COMMUNICATION MIX PADA UD MAMA JAYAen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.kodeprodi70201
dc.identifier.nim0506011910027
dc.identifier.dosenpembimbingBurhan Bungin


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record