• Login
    View Item 
    •   DSpace Home
    • Skripsi, Tesis dan Disertasi
    • Fakultas Ilmu Komunikasi
    • Ilmu Komunikasi
    • View Item
    •   DSpace Home
    • Skripsi, Tesis dan Disertasi
    • Fakultas Ilmu Komunikasi
    • Ilmu Komunikasi
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS PENERAPAN STRATEGI PROMOSI DENGAN PENDEKATAN COMMUNICATION MIX PADA UD MAMA JAYA

    Thumbnail
    View/Open
    Judul (297.6Kb)
    Halaman Pernyataan Keaslian (473.5Kb)
    Kata Pengantar (338.8Kb)
    Abstrak (334.6Kb)
    Daftar Isi (293.4Kb)
    Daftar Gambar (265.4Kb)
    Daftar Tabel (265.4Kb)
    Daftar Lampiran (327.1Kb)
    Bab 1 (800.2Kb)
    Bab 2 (532.6Kb)
    Bab 3 (299.7Kb)
    Bab 4 (514.7Kb)
    Bab 5 (274.0Kb)
    Daftar Pustaka (393.5Kb)
    Lampiran 1 (1001.Kb)
    Date
    2023-05-23
    Author
    Veronika, Martda Angelia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesadaran akan peranan marketing yang besar agar sebuah bisnis dapat terus bergerak bahkan bertumbuh. Pada penelitian kali ini menggunakan metode kuasi kualitatif dimana pengumpulan data dilakukan dengan wawancara. Objek penelitian ini juga tergolong unik sebab produk yang dijual adalah hasil bumi. Bergerak di bidang pangan dan menjadi makanan primer bagi seluruh masyarakat Indonesia, tanpa disadari bahwa komoditas kedelai adalah salah satu dari komoditi import. Sehingga segmentasi yang tepat bagi penelitian ini adalah perajin tahu dan tempe. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian lebih dalam lagi terkait strategi promosi yang tepat dilakukan sehingga bersifat efektif. Berbicara masalah strategi promosi terdapat banyak sekali strategi promosi yang dapat digunakan dalam sebuah usaha seperti Marketing Mix yang dikemukakan oleh Kotler. Kemudian berkembang menjadi Promotional Mix. Semua fungsi dalam pendekatan tersebut memberikan penekanan pada bagian promotion yang kemudian melahirkan pendekatan Communication Mix yang lebih berfokus pada aspek komunikasi dalam kegiatan pemasaran. Oleh sebab itu penelitian ini menggunakan pendekatan Communictaion Mix yang memiliki beberapa elemen yang dapat digunakan untuk membantu strategi promosi menjadi lebih terarah. Beberapa elemen yang cenderung sering dan relevan digunakan oleh UD Mama Jaya yang memiliki sifat B2B yaitu Word Of Mouth, direct marketing, dan selling. Simpulan dari penelitian ini menyebutkan bahwa penerapan teori masih relevan, sesuai, dan efektif khususnya bagi variable Word Of Mouth yang juga dilengkap dengan direct marketing dan selling. Sedangkan untuk selling disini selain menekankan pada product knowledge. Ada juga sikap “cek harga” tanpa terjadinya transaksi yang dianggap wajar dalam perdagangan yang dilakukan oleh UD Mama Jaya. Meskipun penerapannya belum seimbang disini. Namun saat penggunaan bantuan media komunikasi lebih dioptimalkan maka progress yang bisa di alami oleh UD Mama Jaya juga lebih besar dan jangkauannya dapat lebih luas.
    URI
    https://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/8617
    Collections
    • Ilmu Komunikasi

    Copyright©  2017 - LPPM & Library Of Universitas Ciputra
    »»» UC Town CitraLand, Surabaya - Indonesia 60219 «««
    Powered by : FreeBSD | DSpace | Atmire
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    Copyright©  2017 - LPPM & Library Of Universitas Ciputra
    »»» UC Town CitraLand, Surabaya - Indonesia 60219 «««
    Powered by : FreeBSD | DSpace | Atmire