• Login
    View Item 
    •   DSpace Home
    • Skripsi, Tesis dan Disertasi
    • Fakultas Ilmu Komunikasi
    • Ilmu Komunikasi
    • View Item
    •   DSpace Home
    • Skripsi, Tesis dan Disertasi
    • Fakultas Ilmu Komunikasi
    • Ilmu Komunikasi
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    IMPLEMENTASI PROMOTION MIX PADA PT. NATURA NUSWANTARA NIRMALA (NUCLEUS FARMA)

    Thumbnail
    View/Open
    Judul (1.298Mb)
    Halaman Pernyataan Keaslian (83.59Kb)
    Kata Pengantar (2.786Mb)
    Abstrak (2.604Mb)
    Daftar Isi (2.345Mb)
    Daftar Gambar (1.264Mb)
    Daftar Tabel (1.191Mb)
    Daftar Lampiran (1.259Mb)
    Bab 1 (6.064Mb)
    Bab 2 (11.02Mb)
    Bab 3 (5.794Mb)
    Bab 4 (14.67Mb)
    Bab 5 (3.096Mb)
    Daftar Pustaka (2.192Mb)
    Lampiran 1 (15.53Mb)
    Date
    2023-03-09
    Author
    Oktavia, Salsa Faizda
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses implementasi promotion mix pada PT. Natura Nuswantara Nirmala (Nucleus Farma). Promotion mix yang diteliti terdiri dari lima alat yang terdiri dari periklanan, penjualan pribadi, promosi penjualan, hubungan masyarakat, dan pemasaran langsung. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi kualitatif dengan menggunakan simple research design. Sumber data yang digunakan terdiri dari sumber data primer yang diperoleh dari hasil wawancara semi terstruktur dan observasi, serta sumber data sekunder yang diperoleh dalam bentuk dokumen yang terkait dengan promotion mix di perusahaan. Analisis data yang dilakukan merupakan proses analisis data kualitatif, yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian juga melakukan keabsahan data melalui triangulasi sumber. Hasil penelitian menjelaskan periklanan yang dilakukan oleh Nucleus Farma melalui instgram ads, e-commerce, dan menyebarkan flyer ke rumah sakit, kemudian promosi penjualan yang dilakukan dengan memberikan potongan harga untuk pembelian besar, bundling harga, supply produk ke dokter, demonstrasi dan sample product. Aktivitas hubungan masyarakat dilakukan dengan sponsorship atau beasiswa kepada dokter muda dan event kesehatan, penjualan personal dengan penawaran tatap muka dan katalog produk, kemudian pemasaran langsung melalui komunikasi whatsapp dan email. Simpulan penelitian adalah strategi promotion mix yang dilakukan oleh Nucleus Farma, yang terdiri dari periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan personal, dan pemasaran langsung sudah cukup baik, namun terdapat perihal yang perlu diperhatikan seperti iklan yang memanfaatkan media massa, seperti menayangkan iklan di televisi, kemudian kemampuan berkomunikasi efektif dari tenaga penjual untuk mempersuasi konsumen, dan etika dalam melakukan komunikasi baik secara tatap muka maupun melalui whatsapp agar tidak mengganggu kesibukan dari konsumen.
    URI
    https://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/8628
    Collections
    • Ilmu Komunikasi

    Copyright©  2017 - LPPM & Library Of Universitas Ciputra
    »»» UC Town CitraLand, Surabaya - Indonesia 60219 «««
    Powered by : FreeBSD | DSpace | Atmire
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    Copyright©  2017 - LPPM & Library Of Universitas Ciputra
    »»» UC Town CitraLand, Surabaya - Indonesia 60219 «««
    Powered by : FreeBSD | DSpace | Atmire