IMPLEMENTASI PROMOTION MIX PADA PT. NATURA NUSWANTARA NIRMALA (NUCLEUS FARMA)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses implementasi promotion mix pada PT. Natura Nuswantara Nirmala (Nucleus Farma). Promotion mix yang diteliti terdiri dari lima alat yang terdiri dari periklanan, penjualan pribadi, promosi penjualan, hubungan masyarakat, dan pemasaran langsung. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi kualitatif dengan menggunakan simple research design. Sumber data yang digunakan terdiri dari sumber data primer yang diperoleh dari hasil wawancara semi terstruktur dan observasi, serta sumber data sekunder yang diperoleh dalam bentuk dokumen yang terkait dengan promotion mix di perusahaan. Analisis data yang dilakukan merupakan proses analisis data kualitatif, yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian juga melakukan keabsahan data melalui triangulasi sumber. Hasil penelitian menjelaskan periklanan yang dilakukan oleh Nucleus Farma melalui instgram ads, e-commerce, dan menyebarkan flyer ke rumah sakit, kemudian promosi penjualan yang dilakukan dengan memberikan potongan harga untuk pembelian besar, bundling harga, supply produk ke dokter, demonstrasi dan sample product. Aktivitas hubungan masyarakat dilakukan dengan sponsorship atau beasiswa kepada dokter muda dan event kesehatan, penjualan personal dengan penawaran tatap muka dan katalog produk, kemudian pemasaran langsung melalui komunikasi whatsapp dan email. Simpulan penelitian adalah strategi promotion mix yang dilakukan oleh Nucleus Farma, yang terdiri dari periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan personal, dan pemasaran langsung sudah cukup baik, namun terdapat perihal yang perlu diperhatikan seperti iklan yang memanfaatkan media massa, seperti menayangkan iklan di televisi, kemudian kemampuan berkomunikasi efektif dari tenaga penjual untuk mempersuasi konsumen, dan etika dalam melakukan komunikasi baik secara tatap muka maupun melalui whatsapp agar tidak mengganggu kesibukan dari konsumen.

