Show simple item record

dc.contributor.authorSUTJITRO, BRYAN DAVE
dc.date.accessioned2025-11-19T04:45:58Z
dc.date.available2025-11-19T04:45:58Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.urihttps://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/8651
dc.descriptionThe creative economy sector or creative industry is an industry that is developing in Indonesia. The Ministry of Tourism and Creative Economy classifies the creative economy sector into 17 sub-sectors, namely (1) Applications, (2) Architecture, (3) Visual Communication Design, (4) Product Design, (5) Interior Design, (6) Photography, (7 ) Music, (8) Craft, (9) Culinary, (10) Fashion, (11) Publishing, (12) Film, Animation and Video, (13) Advertising, (14) Interactive Games, (15) Performing Arts, (16) Fine Arts, and (17) TV and Radio. Of the many sub-sectors that exist, there are three that are the most dominant, namely culinary, fashion, and craft. Resina Arte is one of the business units engaged in crafts. Its main products are coasters or coasters. Unfortunately, as time goes by, the sales of Resina Arte are decreasing. Therefore, this research was conducted to find out what makes people want to decide to buy coaster products. The purpose of this study was to determine what factors shape the decision to purchase coaster products. This research is included in the category of quantitative research where all of this research will use data, numbers, images, and other things related to statistics. The number of respondents needed in this study was 110 respondents, but because of the enthusiasm of the respondents, the respondents collected became 128 respondents. Therefore, this study used 128 respondents. This study uses a questionnaire instrument as a way to collect data from respondents. After the data is taken, the data is processed using SPSS. The number of initial variables used was 22 with a total of 55 indicators. The results showed that there are 11 factors that shape the decision to purchase coaster products. These factors are convenience and trust factor, product quality factor, location and promotion factor, consumer perception factor, cultural factor, family factor, service quality factor, reference factor, income factor, price factor, and convenience factor.en_US
dc.description.abstractSektor ekonomi kreatif atau industri kreatif adalah industri yang sedang berkembang di Indonesia. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengklasifikasikan sektor ekonomi kreatif menjadi 17 sub sektor yaitu (1) Aplikasi, (2) Arsitektur, (3) Desain Komunikasi Visual, (4) Desain Produk, (5) Desain Interior, (6) Fotografi, (7) Musik, (8) Kriya, (9) Kuliner, (10) Fesyen, (11) Penerbitan, (12) Film, Animasi, dan Video, (13) Periklanan, (14) Permainan Interaktif, (15) Seni Pertunjukan, (16) Seni Rupa, dan (17) TV dan Radio. Dari sekian banyak sub sektor yang ada, ada tiga yang paling dominan yaitu kuliner, fesyen, dan kriya. Resina Arte adalah salah satu unit usaha yang bergerak di bidang kriya. Produk utamanya adalah coaster atau tatakan gelas. Sayangnya, seiring berjalannya waktu, penjualan dari Resina Arte semakin menurun. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apa saja yang membuat masyarakat mau memutuskan untuk membeli produk coaster. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor apa saja yang membentuk keputusan pembelian produk coaster. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian kuantitatif dimana seluruh penelitian ini akan menggunakan data, angka, gambar, dan hal lain yang terkait dengan ilmu statistika. Jumlah responden yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah 110 responden, namun karena antusiasnya responden, maka responden yang terkumpul menjadi 128 responden. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan 128 responden. Penelitian ini menggunakan instrumen kuesioner sebagai cara untuk mengambil data dari responden. Setelah data diambil, data diolah dengan menggunakan SPSS. Jumlah variabel awal yang digunakan ada 22 dengan total indikator mencapai 55 indikator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 11 faktor yang membentuk keputusan pembelian produk coaster. Faktor tersebut adalah faktor kemudahan dan kepercayaan, faktor kualitas produk, faktor lokasi dan promosi, faktor persepsi konsumen, faktor kebudayaan, faktor keluarga, faktor kualitas layanan, faktor referensi, faktor pendapatan, faktor harga, dan faktor kenyamanan.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUNIVERSITAS CIPUTRA SURABAYAen_US
dc.subjectIndustri Kreatifen_US
dc.subjectKriyaen_US
dc.subjectKeputusan Pembelianen_US
dc.subjectAnalisis Faktoren_US
dc.subjectCreative Industryen_US
dc.subjectCraften_US
dc.subjectPurchasing Decisionsen_US
dc.subjectFactor Analysisen_US
dc.titleAnalisis Faktor-Faktor yang Membentuk Keputusan Pembelian Produk Coasteren_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.kodeprodi61201
dc.identifier.nim0106011810357
dc.identifier.dosenpembimbingDavid Sukardi Kodrat


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record