Analisa Faktor-faktor Yang Membentuk Minat Berwisata Masyarakat Ke Kota Bandung
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor persepsi kualitas destinasi yang mempengaruhi
wisatawan dalam mengunjungi Kota Bandung. Populasi dalam penelitian ini adalah wisatawan
domestik yang pernah mengunjungi Bandung semasa pandemi (periode Maret 2020 hingga April
2022). Teknik penelitian ini merupakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel
sebanyak 130 responden. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data primer dengan
membagikan kuesioner secara online melalui google form. Penelitian merupakan penelitian
kuantitatif dengan model penelitian yaitu analisis faktor konfirmatori. Berdasarkan hasil
penelitian, terdapat empat faktor yang terbentuk dalam mempengaruhi wisatawan domestik
berkunjung ke Kota Bandung. Keempat faktor yang terbentuk yaitu faktor attraction, faktor
amenity, faktor accessibility dan faktor ancillary. Faktor attraction meliputi wisata alam, wisata
buatan, dan wisata budaya. Faktor amenity meliputi jalan raya, bandara, stasiun, penginapan, dan
rumah makan. Faktor accessibility meliputi kelengkapan transport dan akses jalan yang baik.
Faktor ancillary meliputi travel agent dan tourist information. Hasil dari keempat faktor
merupakan 67,31% dari 12 elemen yang telah ada.

