Analisa Hotel Staycation Sebagai Tren Liburan Alternatif Baru Di Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Staycation merupakan sebuah fenomena yang munguak semenjak adanya
pandemi, akan tetapi istilah ini sudah sejak lama ada dan baru menjadi tren saat
ini. Hotel menjadi salah satu tempat tujuan masyarakat untuk staycation oleh
karena itu staycation di hotel dapat menjadi sebuah liburan alternatif di
masyarakat selama masa pandemi Covid-19. Tujuan dari dilaksanakannya
penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana hotel staycation sebagai tren
liburan alternatif baru di masa pandemi Covid-19. Metode yang digunakan untuk
penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan
fenomenologi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan
observasi. Peneliti mewawancarai pihak internal Hotel Sheraton Surabaya, pihak
internal Tiket.com, pihak internal perwakilan dari PHRI, dan 2 orang pihak
eksternal selaku pembeli dan pengguna paket staycation. Berdasarkan hasil
analisa, staycation dapat dikatan sebuah tren dan dapat menjadi liburan alternatif
selama pandemi, fasilitas dan promosi menjadi faktor penting yang
mempengaruhi keputusan pembeli dalam membeli paket staycation.

