Analisis Penggunaan Instagram @universitasciputra
Abstract
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era digital ini telah membuat masyarakat memiliki kemudahan untuk mengakses teknologi tanpa terbatas oleh dimensi ruang dan waktu, serta turut memberi sumbangsih bagi kemajuan ilmu komunikasi termasuk terciptanya media komunikasi baru atau new media. Bukti dari berkembangnya Media adalah dengan adanya internet serta media sosial. Perkembangan media baru kini telah berhasil menjadikan media sosial sebagai alternatif untuk mendapatkan informasi sesuai dengan kebutuhan pada individu. Media digital yang sedang digemari oleh banyak orang saat ini adalah media sosial Instagram. Selain digunakan sebagai media untuk berkomunikasi, Instagram juga dapat menjadi media penyedia informasi, seperti halnya akun Instagram @universitasciputra yang menyampaikan beragam informasi kepada pengikut dalam pemenuhan berita setiap harinya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel Cluster Sampling pada 91 orang mahasiswa aktif Angkatan 2018 Universitas Ciputra yang telah mengikuti akun Instagram @universitasciputra. Seluruh data hasil survey dalam penelitian ini diolah dengan cara menghitung persentase pilihan jawaban dari setiap pernyataan dan menghitung masing-masing means. Hasil dalam penelitian ini yaitu ditemukan bahwa akun @universitasciputra mampu menjadi salah satu media penyedia informasi yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa. Hal tersebut didukung oleh variasi konten yang dihasilkan oleh akun @universitasciputra, pemilihan kata atau bahasa yang mudah dipelajari dan dipahami, serta tingkat penggunaan mahasiswa terhadap akun @universitasciputra yang mampu memengaruhi pemenuhan kebutuhan informasi.

