Show simple item record

dc.contributor.authorAvilla, Eduard
dc.date.accessioned2025-12-05T07:54:39Z
dc.date.available2025-12-05T07:54:39Z
dc.date.issued2022
dc.identifier.urihttps://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/8729
dc.descriptionIn everyday’s life, humans can’t live without communication. As time goes by and technologies become more advanced, communication process keep continues to grow. The growth of communication process soon have to involve a media role as a medium to deliver and received messages. On a food-blogging world, Instagram is a media social that was liked and used a lot. Food-blogger review that was completed with pictures and videos as a visual display, becomes a strong attraction for the followers to do a reception towards a food product and a culinary destination that was reviewed. This research is a qualitative research using Stuart Hall reception analysis method. Reception analysis from the followers reception can be separated into three categories such as dominan-hegemonic, neutral and oppositional from multiple factors such as experience, knowledge, age and gender from each followers. This research used FGD method as a way to collect data to discuss about food-blogger @koko buncit follower’s reception and viewpoint about the food product that has been reviewed and shared by @koko buncit. The validity of this research will use auditing technique by discussing with the lecturer about the reception results that has been analyzed. The results of this research shows that @kokobuncit is a food-blogger that have good quality on sharing culinary review on Surabaya city. This statement was shown from the positive reception of the majority followers, even though there are some reception that was not aligned with the main theory and supporting theory that was used. Not only that, @kokobuncit was also proven that kokobuncit can used the fitur on Instagram very well. This statement was shown from the alignment and unalignment of followers reception with the main theory and supportive theory that was used and what was seen from @kokobuncit Instagram.en_US
dc.description.abstractDalam kehidupan sehari-hari, manusia tidak dapat hidup tanpa adanya suatu komunikasi. Dengan berkembangnya zaman dan teknologi, proses suatu komunikasi terus mengalami perkembangan hingga melibatkan suatu media sebagai perantara dalam memberikan dan menerima pesan. Dalam dunia food blogging, Instagram merupakan salah satu media sosial yang banyak digemari dan digunakan. Ulasan para food-blogger yang disertai dengan video dan gambar sebagai tampilan visual, menjadi daya tarik yang kuat bagi para followers food blogger untuk melakukan resepsi terhadap suatu produk makanan dan destinasi kuliner yang di review. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan metode analisis resepsi milik Stuart Hall. Analisis resepsi dari para peserta akan terbagi dalam ketiga kategori yaitu dominan-hegemonic, neutral dan oppositional sesuai dengan faktor pengalaman, pendidikan, usia serta jenis kelamin dari masing masing peserta dalam melakukan suatu pemaknaan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui FGD untuk mendiskusikan pandangan dan resepsi para followers food-blogger @koko buncit terhadap ulasan yang sudah dilakukan @koko buncit. Validitas dalam penelitian ini menggunakan teknik auditing dengan bimbingan dari dosen terkait hasil resepsi dari para narasumber yang sudah dianalisis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa @kokobuncit merupakan food-blogger yang baik dan berkualitas dalam membagikan review kuliner di Surabaya. Hal ini ditunjukkan dari resepsi para peserta yang cenderung memberikan respons positif pada tiga video ulasan kuliner di Surabaya, meskipun resepsi mayoritas peserta ada yang tidak memiliki kesesuaian dengan teori utama atau teori temuan pendukung yang digunakan. Tidak hanya itu, @kokobuncit juga mampu menggunakan serta memanfaatkan fitur-fitur dalam Instagram dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari resepsi para peserta yang memiliki kesesuaian serta tidak kesesuaian dengan teori utama, teori pendukung dan penggunaan fitur Instagram yang terlihat dalam Instagram @kokobuncit.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Ciputraen_US
dc.subjectResepsien_US
dc.subjectUlasanen_US
dc.subjectFood Bloggeren_US
dc.subjectFGDen_US
dc.subjectInstagramen_US
dc.subjectInstagram @kokobunciten_US
dc.titleAnalisis Resepsi Penonton Tentang Industri Kuliner di Surabaya dari Akun Instagram @kokobunciten_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.kodeprodi70201
dc.identifier.nim0506011810002
dc.identifier.dosenpembimbingPatrisia Amanda Pascarina


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record