• Login
    View Item 
    •   DSpace Home
    • Skripsi, Tesis dan Disertasi
    • Fakultas Ilmu Komunikasi
    • Ilmu Komunikasi
    • View Item
    •   DSpace Home
    • Skripsi, Tesis dan Disertasi
    • Fakultas Ilmu Komunikasi
    • Ilmu Komunikasi
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Resepsi Penonton Tentang Industri Kuliner di Surabaya dari Akun Instagram @kokobuncit

    Thumbnail
    View/Open
    judul.pdf (383.2Kb)
    halaman_penyertaan_keaslian.pdf (360.0Kb)
    kata_pengantar.pdf (334.2Kb)
    abstrak.pdf (550.2Kb)
    daftar_isi.pdf (248.3Kb)
    daftar_gambar.pdf (339.1Kb)
    daftar_lampiran.pdf (236.3Kb)
    bab_1.pdf (779.8Kb)
    bab_2.pdf (812.6Kb)
    bab_3.pdf (647.1Kb)
    bab_4.pdf (1.357Mb)
    bab_5.pdf (381.2Kb)
    jurnal.pdf (736.1Kb)
    daftar_pustaka.pdf (604.4Kb)
    Date
    2022
    Author
    Avilla, Eduard
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Dalam kehidupan sehari-hari, manusia tidak dapat hidup tanpa adanya suatu komunikasi. Dengan berkembangnya zaman dan teknologi, proses suatu komunikasi terus mengalami perkembangan hingga melibatkan suatu media sebagai perantara dalam memberikan dan menerima pesan. Dalam dunia food blogging, Instagram merupakan salah satu media sosial yang banyak digemari dan digunakan. Ulasan para food-blogger yang disertai dengan video dan gambar sebagai tampilan visual, menjadi daya tarik yang kuat bagi para followers food blogger untuk melakukan resepsi terhadap suatu produk makanan dan destinasi kuliner yang di review. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan metode analisis resepsi milik Stuart Hall. Analisis resepsi dari para peserta akan terbagi dalam ketiga kategori yaitu dominan-hegemonic, neutral dan oppositional sesuai dengan faktor pengalaman, pendidikan, usia serta jenis kelamin dari masing masing peserta dalam melakukan suatu pemaknaan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui FGD untuk mendiskusikan pandangan dan resepsi para followers food-blogger @koko buncit terhadap ulasan yang sudah dilakukan @koko buncit. Validitas dalam penelitian ini menggunakan teknik auditing dengan bimbingan dari dosen terkait hasil resepsi dari para narasumber yang sudah dianalisis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa @kokobuncit merupakan food-blogger yang baik dan berkualitas dalam membagikan review kuliner di Surabaya. Hal ini ditunjukkan dari resepsi para peserta yang cenderung memberikan respons positif pada tiga video ulasan kuliner di Surabaya, meskipun resepsi mayoritas peserta ada yang tidak memiliki kesesuaian dengan teori utama atau teori temuan pendukung yang digunakan. Tidak hanya itu, @kokobuncit juga mampu menggunakan serta memanfaatkan fitur-fitur dalam Instagram dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari resepsi para peserta yang memiliki kesesuaian serta tidak kesesuaian dengan teori utama, teori pendukung dan penggunaan fitur Instagram yang terlihat dalam Instagram @kokobuncit.
    URI
    https://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/8729
    Collections
    • Ilmu Komunikasi

    Copyright©  2017 - LPPM & Library Of Universitas Ciputra
    »»» UC Town CitraLand, Surabaya - Indonesia 60219 «««
    Powered by : FreeBSD | DSpace | Atmire
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    Copyright©  2017 - LPPM & Library Of Universitas Ciputra
    »»» UC Town CitraLand, Surabaya - Indonesia 60219 «««
    Powered by : FreeBSD | DSpace | Atmire