| dc.contributor.author | Chairy, Adrian Owen | |
| dc.date.accessioned | 2025-12-06T12:01:41Z | |
| dc.date.available | 2025-12-06T12:01:41Z | |
| dc.date.issued | 2022 | |
| dc.identifier.uri | https://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/8747 | |
| dc.description | Today's mass media cannot be separated from our live. This mass media has a function to fullfil our need for entertainment and information, one of the mass media that can fullfil our needs is film. At the end of 2019, Indonesia was shocked by the arrival of films that received more attention in the community. It is proven by the achievement of this film which is ranked second based on the year of the film's distribution. Films that are assumed to be able to lift a person's life reality. The film Imperfect: Career, Love, & Scales was released on December 19, 2019, with a duration of 113 minutes, and for ages 13 and over, directed by Ernest Prakasa. This film Imperfect tells about the problems experienced by most women in this era, namely the problem where the standard of beauty is measured by a perfect physique. This film also has various social values in the form of an invitation to love oneself which is expressed with comedic elements. This research uses a qualitative approach through Stuart Hall's encoding-decoding reception analysis which focuses on the way the subject understands the object through three positions, namely dominant hegemony, negotiation, and opposition. Data collection methods used are Focus Group Discussion (FGD) on audiences who have watched the film Imperfect. The results showed that the majority of participants' receptions were in the dominant hegemonic category, namely the movie element as mass communication, beauty standards of the ideal body, body shaming, gender, media, and interpersonal relationships. The majority of the FGD participants agreed that the media is very influential in shaping the stigma regarding the beauty of a woman. However, there is also a reception in the Negotiated Poisition category, namely elements of beauty standards from an ideal body, mass media, and interpersonal relationships. Participants tend to accept the message conveyed by the movie but also add other meanings about female beauty. According to some participants, beauty is relative and basically all women are beautiful. In addition, there is also a reception that is in the opposition category, namely the beautiful element in the media and interpersonal relationships. | en_US |
| dc.description.abstract | Media massa pada masa sekarang ini tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari. Media massa ini memiliki fungsi sebagai alat untuk memenuhi kebutuhan akan hiburan dan informasi, salah satu media massa yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut adalah film. Pada akhir tahun 2019, Indonesia dihebohkan dengan datangnya film yang mendapat perhatian lebih di masyarakat. Dibuktikan dengan prestasi film ini yang menjadi peringkat kedua berdasarkan tahun edar film. Film yang diasumsikan mampu mengangkat sebuah realitas kehidupan seseorang. Film Imperfect: Karir, Cinta, & Timbangan dirilis tanggal 19 Desember 2019, berdurasi 113 menit, dan untuk rentang usia 13 tahun ke atas disutradarai oleh Ernest Prakasa. Film Imperfect ini menceritakan mengenai permasalahan yang dialami oleh kebanyakan perempuan di era sekarang ini, yakni masalah dimana standar kecantikan diukur dari fisik yang sempurna. Film ini juga memiliki beragam nilai sosial berupa ajakan untuk menyayangi diri sendiri yang diungkapkan dengan unsur komedi. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif melalui analisis resepsi encoding-decoding Stuart Hall yang berfokus pada cara subyek memahami obyek melalui tiga posisi yaitu hegemoni dominan, negosiasi, dan oposisi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu Focus Group Discussion (FGD) pada audiens yang telah menonton film Imperfect. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas resepsi peserta berada pada kategori dominan hegemonic yaitu pada unsur film sebagai komunikasi massa, standar kecantikan dari tubuh yang ideal, body shaming, jenis kelamin, media, dan hubungan interpersonal. Mayoritas peserta FGD sependapat bahwa media sangat berpengaruh dalam membentuk stigma mengenai kecantikan dari seorang wanita Akan tetapi juga terdapat resepsi yang berada pada kategori Negotiated Position yaitu unsur standar kecantikan dari tubuh yang ideal, media massa, dan hubungan interpersonal. Peserta cenderung menerima pesan yang disampaikan oleh film namun juga menambahkan makna lain tentang kecantikan perempuan. Dimana menurut beberapa peserta kecantikan itu relatif dan pada dasarnya semua perempuan itu cantik. Selain itu juga terdapat resepsi yang berada pada kategori oposisi yaitu pada unsur cantik dalam media dan hubungan interpersonal. | en_US |
| dc.language.iso | id | en_US |
| dc.publisher | Universitas Ciputra | en_US |
| dc.subject | Standar Kecantikan | en_US |
| dc.subject | Encoding-Decoding | en_US |
| dc.subject | Film Imperfect | en_US |
| dc.subject | Resepsi Penonton | en_US |
| dc.title | Analisis Resepsi Penonton terhadap Standar Kecantikan dalam Film “IMPERFECT: KARIR, CINTA & TIMBANGAN” | en_US |
| dc.type | Thesis | en_US |
| dc.identifier.kodeprodi | 70201 | |
| dc.identifier.nim | 0506011810031 | |
| dc.identifier.dosenpembimbing | Patrisia Amanda Pascarina | |