Intergrated Marketing Communication pada PT Sarana Cahaya Makmur
Abstract
Industri Konstruksi di provinsi Lampung merupakan salah satu penyumbang PDB terbesar, menyumbang 9,62%. Hal ini memberikan peluang bagi para pengusaha untuk dapat menciptakan usaha di bidang konstruksi. Perusahaan Terbuka Sarana Cahaya Makmur adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi yang memiliki produk berupa baja ringan. Agar dapat bersaing di industri konstruksi khususnya dalam pengadaan bahan bangunan baja ringan. PT Sarana Cahaya Makmur dapat mengaplikasikan Integrated Marketing Communication (IMC). PT Sarana Cahaya Makmur berhasil dikenal oleh masyarakat dan kontraktor sebagai perusahaan yang menyediakan baja ringan dengan merek Sunplus di Lampung. Oleh sebab itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi Integrated Marketing Communication pada PT Sarana Cahaya Makmur meliputi marketing tools dan integrated marketing communication. Penerapan strategi IMC oleh PT Sarana Cahaya Makmur lebih dimaksimalkan kembali dengan melakukan beberapa strategi marketing tools. Strategi yang sudah perusahaan jalankan yaitu advertising, personal selling, sales promotion, direct marketing, public relation, word of mouth, dan interactive marketing. Strategi marketing tools yang sudah dilakukan PT Sarana Cahaya Makmur membuat perusahaan lebih mudah untuk memperkenalkan produk dan perusahaan. Sehingga perusahaan dapat menjangkau lebih banyak lagi masyarakat. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode penelitian pengumpulan data berupa wawancara dan studi dokumentasi. Metode analisa yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Untuk validitasnya berupa triangulasi sumber dan untuk reabilitasnya terdiri dari proses data base dan uraian rinci.

