Efektivitas Komunikasi Interpersonal Antara Pemilik Toko Nos Motor dan Supplier Spare Part
Abstract
Spare part merupakan bagian dari alat, mesin, atau kendaraan yang harus disediakan pada saat masa penggantian. Toko Nos Motor merupakan salah satu toko yang menjual spare part di daerah Bangkingan Surabaya yang telah berdiri sejak tahun 2014. Penelitian ini ingin mengetahui apa saja unsur komunikasi interpersonal antara pemilik Toko Nos Motor dan supplier spare part, sehingga tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses komunikasi interpersonal dan efektivitas komunikasi interpersonal antara pemilik Toko Nos Motor dan supplier spare part. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner di mana supplier spare part berjumlah 10 orang dan satu orang pemilik sebagai populasi, karena jumlah populasi sudah diketahui maka dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh. Untuk pengumpulan data sekunder akan menggunakan teknik wawancara tidak terstruktur dan studi dokumentasi. Pengumpulan data akan dilakukan bersama satu orang supplier spare part dan satu orang pemilik Toko Nos Motor dengan teknik wawancara untuk mendukung data temuan dari kuesioner yang disebarkan. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan membuat definisi operasional variabel, lalu membuat kuesioner menggunakan skala Likert, dan mencari frekuensi jawaban terbanyak responden. Dari frekuensi jawaban terbanyak akan dibuat pembahasan berdasarkan landasan teori dan penelitian terdahulu yang mendukung, dan terakhir ditarik kesimpulan dan saran. Hasil temuan pada penelitian ini adalah unsur dari proses komunikasi interpersonal antara pemilik Toko Nos Motor dan supplier spare part terdapat empat unsur yang paling dominan yaitu unsur komunikan mengenai sifat aktif memberikan umpan balik dan kemampuan pemahaman pesan, unsur komunikator mengenai kemampuan pemahaman pesan, sumber informasi, dan keinginan untuk berbagi dengan orang lain, pesan yang disampaikan berbentuk verbal, dan media yang digunakan merupakan saluran suara. Sedangkan untuk efektivitas komunikasi interpersonal antara pemilik Toko Nos Motor dan supplier spare part sudah efektif karena semua pihak masing-masing memiliki perilaku positif dengan bersikap terus terang dan berpikiran positif terhadap satu sama lain, memiliki empati untuk memahami orang lain, dan memiliki kesamaan pada bidang yang sama yaitu spare part.

