PENGARUH INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION TERHADAP BRAND AWARENESS PADA BISNIS MAHASISWA UNIVERSITAS CIPUTRA 2013
Abstract
Mahasiswa Universitas Ciputra diwajibkan untuk menciptakan suatu bisnis
baik secara individual maupun kelompok namun mayoritas brand pada bisnis tersebut
masih belum terkenal di wilayah Surabaya. Selain itu, setiap bisnis tersebut memiliki
berbagai macam kendala salah satunya adalah kendala promosi. Integrated Marketing
Communication adalah sebuah konsep dimana suatu perusahaan mengintegrasikan
dan mengkoordinasikan berbagai saluran komunikasi untuk mengirim pesan. Oleh
karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti pengaruh integrated
marketing communication terhadap brand awareness pada bisnis mahasiswa
Universitas Ciputra 2013. Ukuran sampel yang digunakan dalam penelitian ini
menggunakan Roscoe. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan
kriteria bidang bisnisnya adalah produk dan jasa. Data yang dianalisis menggunakan
analisis regresi linear berganda. Hasil menunjukkan bahwa (1) variabel Event (X1),
Direct Marketing (X2), Personal Selling (X3), Interactive Marketing (X4), dan Word
of Mouth (X5) berpengaruh terhadap Brand Awareness (Y); (2) Koefisien determinasi
pada penelitian ini adalah 73,5% yang menunjukkan bahwa Brand Awareness (Y)
dipengaruhi oleh Event (X1), Direct Marketing (X2), Personal Selling (X3),
Interactive Marketing (X4), dan Word of Mouth (X5); (3) Sementara itu, sisanya
26,5% menunjukkan bahwa Brand Awareness (Y) dipengaruhi oleh faktor lain.