ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KEGAGALAN BISNIS PERUSAHAAN WOLES CHIPS
Abstract
Sebagai perusahaan yang baru berdiri, Woles Chips yang memiliki berbagai masalah seperti kurangnya strategi pemasaran produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menyebabkan perusahaan Woles Chips gagal mempertahankan bisnisnya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara semi terstruktur terhadap beberapa narasumber, yaitu dua orang rekan bisnis anggota Woles Chips dan satu orang konsumen. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian adalah Woles Chips memiliki kelemahan dari sisi perencanaan, pemasaran dan pengalaman. Selain itu, Woles Chips dibangun dengan berdasarkan pada mencari keuntungan tanpa memiliki perencanaan yang matang dan strategi pemasaran yang baik. Woles Chips juga mengalami kesulitan dalam membangun sebuah merek untuk dapat dikenal oleh calon konsumen. Dari sisi konsumen, diketahui bahwa Woles Chips memiliki desain kemasan yang umum digunakan oleh kompetitor, dengan menggunakan kemasan transparan yang menunjukkan produk dari keripik kentang Woles Chips. Selain itu, dari sisi variasi rasa yang ditawarkan oleh Woles Chips, Woles Chips belum memiliki banyak varian rasa yang sesuai dengan selera calon konsumen. Sedangkan desain kemasan dan harga dari Woles Chips telah sesuai dengan harapan konsumen, namun tidak menunjukkan kelebihan yang ditawarkan dari Woles Chips.