PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PANORAMA MOTOR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh advertising (X1), sales promotion (X2), personal selling (X3), dan direct marketing (X4) terhadap keputusan pembelian Panorama Motor (Y). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Populasi yang digunakan adalah konsumen yang telah membeli lebih dari satu kali dan berumur antara 25-40 tahun. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 70 orang. Penelitian dilakukan dengan metode regresi berganda dengan menggunakan data primer berupa kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel advertising (X1), sales promotion (X2), personal selling (X3), dan direct marketing (X4) berpengaruh simultan maupun parsial terhadap keputusan pembelian (Y). Nilai koefisien determinasi dalam penelitian ini adalah sebesar 66,4% yang menunjukkan keputusan pembelian dipengaruhi oleh variabel advertising, sales promotion, personal selling, dan direct marketing sedangkan sisanya 33,6% yang menunjukkan keputusan pembelian dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.