PENGARUH INOVASI DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN TERANG BULAN – MARTABAK 93
Abstract
Pertumbuhan industri makanan dan minuman di Indonesia merupakan sektor
yang strategis bagi perkembangan ekonomi Indonesia. Hal ini terlihat juga pada
Terang Bulan – Martabak 93 yang mengalami peningkatan penjualan. Namun dengan
adanya peningkatan penjualan dan omzet penjualan tersebut, Terang Bulan –
Martabak 93 juga memiliki kekurangan yaitu terletak pada inovasi dan kualitas
layanan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inovasi dan kualitas
layanan terhadap loyalitas konsumen Terang Bulan – Martabak 93. Jenis penelitian
yang digunakan adalah penelitian eksplanatori. Sampel yang dipilih pada penelitian
ini adalah konsumen Terang Bulan – Martabak 93 sebanyak 70 sampel. Metode
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Teknik
analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) variabel inovasi tidak
berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen, hal ini dapat ditunjukkan dengan
nilai sig pada uji t sebesar 0.296 > 0.05; (2) variabel kualitas layanan berpengaruh
terhadap loyalitas konsumen, hal ini dapat ditunjukkan dengan nilai sig pada uji t
sebesar 0.021 < 0.05.