PENGARUH FAMILY CONFLICT DAN FAMILY FIRM GOVERNANCE TERHADAP SOCIOEMOTIONAL WEALTH PADA FAMILY BUSINESS DI SURABAYA DENGAN DECISION-MAKING SEBAGAI VARIABEL MEDIATOR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat signifikasi pengaruh antara Family Conflict dan Family Firm Governance terhadap Socioemotional Wealth dengan Decision Making sebagai mediator. Teori utama maupun penelitian terdahulu yang digunakan didalam penelitian ini adalah Socioemotional Wealth oleh Gomez-Meija et al. (2007) dan Hauck et al. (2016), Family Conflict oleh Kellermans dan Eddleston (2008) dan Jehn dan Berdensky (2003), dan Fa,mily Firm Governance dan Decision-Making yang dikemukakan oleh Mustakallio, Autio dan Zahra (2002). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modeling, dengan Partial Least Square. Adapun program yang digunakan adalah SmartPLS 3.0. Penelitian ini dilakukan di Surabaya dengan sampel berjumlah empat puluh delapan individu yang merupakan anggota keluarga, sekaligus pemilik usaha, yang sekaligus terlibat dalam pengelolaan usaha sebagai direktur ataupun duduk sebagai anggota dewan direksi. Hasil penelitian ini adalah Family Conflict memliki pengaruh negatif yang tidak signifikan dengan Socioemotional Wealth. Family Firm Governance memiliki pengaruh signifikan terhadap Socioemotional Wealth. Decision Making tidak memiliki efek mediasi dalam menjelaskan hubungan pengaruh antara Family Conflict dengan Socioemotional Wealth, namun dalam menjelaskan hubungan pengaruh antara Family Firm Governance dengan Socioemotional Wealth memiliki efek mediasi yang rendah. Family Conflict memiliki pengaruh negatif yang tidak signifikan terhadap Decision-Making, Family Firm Governance memiliki pengaruh signifikan terhadap Decision-Making. Sementara itu Decision-Making memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Socioemotional Wealth.
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Analisis Perbedaan Persepsi Family Business Brand Lintas Generasi pada Angkatan VIII Family Business Universitas Ciputra
Padmalia, Metta (Universitas Mercu Buana, 2020-02)enelitian bertujuan untuk menganalisis perbedaan persepsi tiga dimensi family business brand (family firm identity, family firm image, dan family firm reputation) antara incumbent- keluarga, incumbent-non-keluarga, dan ... -
PENGARUH KOMITMEN DAN KEHARMONISAN KELUARGA TERHADAP MINAT PENERUS MELANJUTKAN BISNIS KELUARGA
Natalia, Hana (Universitas Ciputra Surabaya, 2019-12-06)Penelitian ini membahas mengenai pengaruh komitmen dan keharmonisan keluarga terhadap minat penerus melanjutkan bisnis keluarga. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui pengaruh komitmen terhadap minat penerus melanjutkan ... -
The Pattern Analysis of Family Business Succession A Study on Medium Scale Family Business in Indonesia
Utami, Christina Whidya; Bernardus, Denny; Shinta, Gek (European Research Studies Journal Volume XX, Issue 2A, 2017, 2015-04-24)The family business is a business family members have developed, whose ownership and policy-making are dominated by members of a group with emotional kinship. The purpose of this study is to analyze whether the management ...