PENGARUH CITRA MEREK DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI MONOPOLE COFFEE LAB
Abstract
PENGARUH CITRA MEREK DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI MONOPOLE COFFEE LAB
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek dan kepuasan
pelanggan terhadap loyalitas pelanggan Monopole Coffee Lab. Populasi yang
digunakan dalam penelitian ini adalah pelanggan yang membeli produk
Monopole Coffee Lab. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive
sampling. Jumlah sampel yang diteliti sebanyak 89 orang pelanggan agar
didapatkan hasil penelitian yang bersifat obyektif serta mampu menggambarkan
keadaan yang sebenarnya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan
dengan metode pembagian angket atau kuesioner yang menggunakan instrumen
skala Likert empat kategori. Variabel dalam penelitian ini adalah citra merek dan
kepuasan pelanggan sebagai variabel bebas dan loyalitas pelanggan sebagai
variabel terikat. Berdasarkan pengujian hipotesis yang telah dihitung menggunakan
software SPSS, maka dapat disimpulkan hasil penelitan ini yaitu bahwa citra merek
dan kepuasan pelanggan ditemukan berpengaruh positif dan signifikan terhadap
loyalitas pelanggan baik secara individual maupun bersama-sama. Hal ini berarti
dengan meningkatkan citra merek dan kepuasan pelanggan maka loyalitas
pelanggan di Monopole Coffee Lab juga akan mengalami peningkatan secara
signifikan