BUSINESS MODEL CANVAS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR KERUPUK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kanvas model bisnis pada
perusahaan kerupuk di Sidoarjo, Jawa Timur. Business Model Canvas (BMC)
berisi tentang customer segments, value propositions, channels, customer
relationships, revenue streams, key resources, key activities, key partnerships,
dan cost structures. Penelitian ini menggunakan kanvas desain proposisi nilai
untuk menemukan value propositions fit, yaitu problem-solution fit dan productmarket fit. Penelitian ini juga menguji model bisnis dengan menggunakan IDEO’s
Three Lenses of Innovation yang meliputi uji desireability, feasibility, dan viability.
Metode penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Data penelitian
didapatkan melalui wawancara secara mendalam. Peneliti merekomendasikan
agar perusahaan memproduksi kerupuk yang terjangkau dengan kualitas baik
dan rasa enak yang dapat memberikan keuntungan bagi pelanggan perusahaan.
Rekomendasi selanjutnya yaitu agar perusahaan bekerja sama dengan pihak
perbankan dalam meningkatkan modal keuangan untuk mendukung produksi
kerupuk dengan harga terjangkau dan menguntungkan. Terakhir, penulis
merekomendasikan agar perusahaan memproduksi kerupuk berukuran kecil
untuk memanfaatkan peluang baru