GAP ANALYSIS PADA PT. HARFIN BAKTI NUSANTARA
Abstract
Telah dilakukan penelitian tesis mengenai kesenjangan-kesenjangan yang
terdapat di PT. Harfin Bakti Nusantara dengan menggunakan enam jenis gap
yang terjadi didalam perusahaan. Enam gap yang diteliti tersebut yakni
kesenjangan pengetahuan, kesenjangan standarisasi pekerjaan, kesenjangan
perilaku, kesenjangan komunikasi internal, kesenjangan jasa, dan kesenjangan
interpretasi. Dimana tujuan dari penelitian yang telah dilakukan ini yakni untuk
mengetahui dan menganalisis gap apa saja yang terdapat pada PT. Harfin Bakti
Nusantara dan nantinya dapat diminimalisir berdasarkan kondisi yang terjadi
pada saat ini sehingga menjadi suatu acuan perbaikan pada PT. Harfin Bakti
Nusantara dan menjadi referensi bagi pelaku usaha lainnya.
Metode pada penelitian ini yakni menggunakan metode kualitatif dimana
pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Dari data
yang telah dikumpulkan lalu data tersebut diuji validitas dan realibilitasnya
dengan menggunakan teknik member check dan korelasi untuk mengkombinasi
data dan informasi yang didapat.
Dari hasil penelitian yang didapatkan bahwa kesenjangan-kesenjangan yang
terdapat pada PT. Harfin Bakti Nusantara disebabkan oleh beberapa faktor yakni
faktor internal yang terdiri dari manpower, culture, equipment, salary, loyalitas
manpower. Sedangkan kesenjangan yang disebabkan oleh faktor eksternal
disebabkan oleh nilai pekerjaan yang rendah, salary request, kontinuitas
pekerjaan, payment tidak ontime.