FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE PADA SITUS “TOKOPEDIA”
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji variabel emotion marketing,
website experience, dan branding pada keputusan pembelian online di situs
Tokopedia. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah variabel emotion
marketing (X1), variabel website experience (X2), dan branding (X3). Variabel
emotion marketing memiliki tiga indikator yaitu keinginan, kepercayaan, dan
kepuasan. Variabel website experience memiliki tiga indikator yaitu website
informatif, website efectif, website responsiv. Variabel branding memiliki tiga
indikator yaitu brand identity, brand respons, dan brand relationship.
Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan uji validitas
dan uji reliabilitas pada setiap pernyataan. Uji hipotesis diterapkan pada
penelitian ini dengan uji F, uji t, koefisiensi korelasi, koefisiensi determinasi. Uji
asumsi klasik pada penelitian ini diterapkan dengan menggunakan uji
multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi, dan uji normalitas.
Hasil dari pengujian ini adalah variabel emotion marketing berpengaruh
secara signifikan terhadap keputusan pembelian di market online Tokopedia.
Sedangkan variabel website experience, dan branding secara parsial
mempengaruhi keputusan pembelian pada market online Tokopedia.
