PERENCANAAN BISNIS GULA SEMUT “BOWERY”
Abstract
Perencanaan bisnis adalah dokumen yang menyatakan daya tarik dan harapan
sebuah bisnis. Sebuah bisnis plan yang akan mengoperasikan sebuah usaha harus
mencantumkan secara jelas lokasi, proses, masalah bahan baku, masalah tempat,
tanah dan lainnya. Perencanaan bisnis adalah suatu cetak biru tertulis ( blue print )
yang tersistematis. Gula semut adalah gula kelapa atau gula merah yang dibuat dalam
bentuk serbuk berwarna kuning kecoklatan dan sering pula disebut orang sebagai
gula kristal.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan bisnis gula semut
“BOWERY” ditinjau dari aspek pemasaran, aspek operasional aspek sumber daya
manusia , aspek hukum dan aspek keuangan.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dalam penelitian tentang bisnis plan
Gula Semut “BOWERY” adalah, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:
Dilihat dari aspek hukum, aspek pemasaran, SDM dan teknologi dikatakan kayak
karena adanya perincian legalitas, adanya perincian STP, tenaga kerja dan
rekrutmen, teknologi dan lokasi. Berdasarkan tabel perhitungan nilai NPV investasi
dari Gula Semut “BOWERY” adalah positif dan sesuai dengan kaidah aturan NPV
maka proyek investasi ini dapat dikatakan layak untuk dilaksanakan. Nilai Profitability
Index (PI) berada diatas 1 untuk ketiga kondisi maka dikatakan layak untuk didirikan.
Nilai arus pengembalian internal Internal Rate of Return (IRR) diatas suku bunga
untuk 3 kondisi, maka proyek investasi ini dapat dikatakan menguntungkan dan layak
ditinjau dari aspek keuangan. Melihat lamanya periode pengembalian ini dalam
industri pembuatan toko yang bersifat investasi jangka menengah, sehingga periode
selama <5tahun dan masih termasuk dalam kategori baik.
