EVALUASI PENERAPAN INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION PADA PRODUK CLASSY&CO FOR MEN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Evaluasi Penerapan
Integrated Marketing Communication pada produk Classy&Co khusus pria. Cara
berkomunikasi akan berkembang terus seiring dengan perubahan yang terjadi di
masyarakat, bagaimana pola hidup masyarakat akan mempengaruhi cara-cara
yang akan digunakan dalam melakukan komunikasi atau berpromosi.
Masing-masing kegitan promosi melalui penerapan Integrated Marketing
Communication juga sangatlah luas dan mempunyai banyak cara. Perlu adanya
faktor analisis Integrated Marketing Communication yang meliputi Advertising,
Direct Marketing, Internet Marketing , Sales Promotion, Public Relation,Words of
Mouth dan Personal Selling untuk mampu mengkomunikasikan dengan baik
kepada customer mengenai brand Clasy&Co khusus Pria. Dengan
memperhatikan faktor-faktor tersebut diatas, maka penelitian ini mengangkat
judul “Evaluasi Penerapan Integrated Marketing Communication pada Produk
Classy&Co For men”
Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan melalui wawancara kepada
6 narasumber yang dimana 4 diantaranya merupakan konsumen dan calon
konsumen Classy&Co dan 2 diantaranya merupakan ahli fashion dan marketing.
Penelitian yang dilakukan dalam thesis ini berhasil memberikan evaluasi
terhadap Integrated Marketing Communication yang telah dilakukan Classy&Co
dan menghasilkan temuan bahwa beberapa perbaikan perlu diterapkan kepada
aspek-aspek Integrated Marketing Communication yang terdiri dari tujuh elemen
yaitu advertising, sales promotion, public relation, direct marketing, interactive
marketing, word of mouth marketing, dan personal selling.
Peneliti merasa bahwa ke-tujuh elemen Integrated Marketing
Communication tersebut sangat penting untuk usaha dibidang fashion, terlebih
apabila bisnis fashion tersebut ingin terus berkembang dan menciptakan lini
baru. Melalui Integrated Marketing Communication, suatu usaha dapat
memberitahukan kepada pasar mengenai keunggulan dan keuntungan membeli
suatu produk terhadap calon konsumen. Oleh karena itu, Classy&Co perlu
memaksimalkan ke-delapan elemen IMC yang disesuaikan dengan anggaran
promosi perusahaan dan keefektifan promosi yang ditetapkan