PENGARUH PEMBELAJARAN INOVATIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SD TAHFIDH AL-QUR’AN SIDOARJO
Abstract
Variabel bebas dalam penelitian ini adalah eksistensi guru (X1),
pengetahuan siswa (X2), media pembelajaran (X3), sarana prasarana (X4), dan
evaluasi guru (X5). Sebagai mediator, guru memandu mengetengahi antar siswa,
membantu siswa menangani masalah, memandu para siswa mengembangkan
sikap positif terhadap belajar, dan mmenjelaskan bagaimana mengaitkan
gagasan-gagasan para siswa, pemodelan proses berpikir dengan menunjuk
siswa ikut berpikir kritis. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh
pembelajaran inovatif terhadap prestasi belajar siswa. Objek penelitian ini
adalah SD Tahfidh Al-Qur’an Sidoarjo. Metode pengumpulan data dilakukan
dengan menyebar kuesioner kepada 47 responden. Responden survey berasal
dari seluruh siswa kelas 3 di SD Tahfidh Al-Qur’an Sidoarjo. Data dalam
penelitian ini diperoleh dari kuesioner yang dibagikan, untuk kemudian dianalisis
dengan menggunakan SPSS. Berdasarkan rumus regresi Y=X1+X2+X3+X4+X5.
Setelah menguji semua indikator dalam penelitian ini valid dan reliable. Dalam uji
asumsi klasik, model regresi berdistribusi normal, tidak ada multikolinearitas,
tidak ada heteroskedastisitas, tidak ada autokorelasi dan linear. Variabel
eksistensi guru adalah variabel yang paling berpengaruh dengan koefisien
regresi 2,701, variabel pengetahuan siswa memperoleh koefisien regresi
sebesar 0,967, variabel media pembelajaran memperoleh koefisien regresi
sebesar 1,487, variabel sarana prasarana memperoleh koefisien regresi sebesar
1,190, variabel evaluasi guru memperoleh koefisien regresi sebesar 1,343. SD
Tahfidh Al-Qur’an diharapkan dapat mempertahankan kualitas pembelajaran
inovatif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.
