PENERAPAN STRATEGI INOVASI DALAM PERUSAHAAN TANGKI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi inovasi di CV. Profil
88. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah
explanatory yang menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan
data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi.
Teknik analisis data yang digunakan adalah Business Model Canvas (BMC) dan
menggunakan Ten Types of Innovation. Hasil analisis data dalam penelitian
adalah model bisnis CV. Profil 88 fokus pada empat faktor yaitu: value
propositions, channel, key resources, key partnerships. Berdasarkan hasil analisis
ten types of innovation strategi inovasi yang sesuai bagi perusahaan adalah
dengan melakukan arah perubahan Business Model Shift dimana CV. Profil 88
mempunyai peluang lebih besar untuk memenangkan kompetisi yang ada dengan
mengubah cara produksi dan penyampaian produk ke konsumen, daripada
dengan menciptakan perubahan pada produk itu sendiri.
