PENGARUH SERVICE QUALITY DAN FOOD QUALITY TERHADAP CUSTOMER SATISFACTION DAN CUSTOMER RETENTION PADA PRIDE COFFEE AND KITCHEN
Abstract
Penelitian ini dilakukan di Pride coffee and kitchen kediri, dengan tujuan
untuk mengetahui pengaruh service quality dan food quality terhadap customer
satisfaction dan customer retention. Pendekatan penelitian yang digunakan
adalah kualitatif dengan jenis penelitian kausal. Penelitian ini dilaksanakan
dengan menyebar kuesioner kepada 190 responden menggunakan teknik
analisis data menggunakan Partial Least Square – Structural Modeling (PLSSEM) dengan software SmartPLS versi 3.0. Hasil penelitian menunjukan 1)
Service quality berpengaruh positif signifikan terhadap customer satisfaction, 2)
Food quality berpengaruh positif signifikan terhadap terhadap customer
satisfaction, 3) Customer satisfaction berpengaruh positif signifikan terhadap
customer retention, 4) Service quality berpengaruh positif signifikan terhadap
customer retention, 5) Food quality berpengaruh positif signifikan terhadap
customer retention, 6) Customer satisfaction memediasi pengaruh service quality
terhadap customer retention efek mediasi yang dihasilkan yaitu complimentary
partial mediation, 7) Customer satisfaction memediasi pengaruh food quality
terhadap customer retention efek mediasi yang dihasilkan yaitu complimentary
partial mediation
