EVALUASI RASA DAN KEMASAN PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN SPIKUKOE
Abstract
Salah satu kue yang disukai oleh orang Surabaya adalah kue spiku. Merek Spikukoe menjadi dasar penelitian kali ini. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui hasil evaluasi rasa dan kemasan dalam membuat pembeli memutuskan untuk membeli produk Spikukoe. Ada tiga variabel yang digunakan yaitu rasa (Honkanen dan Frewer (2009), Mustafid dan Gunawan (2008)), kemasan (Kotler dalam Nyoto (2016), Rebollar (2012)) dan keputusan pembelian (Supriyanto dan Kristiyanto dalam Riyono (2016)), Schiffman dan kanok dalam Amila dan NST (2017), Assael dalam Anwar dan Saifuk (2015)). Ada lima resonden dalam penelitian ini yaitu ada tiga konsumen yang pernah membeli kue Spikukoe, fasilitator serta expert pastry bakery. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan wawancara semi terstruktur. Dengan adanya penelitian ini dilakukan, hasil yang didapatkan oleh penulis adalah semakin ditingkatkannya kualitas rasa dan kemasan yang dimiliki oleh Spikukoe sehingga sesuai dengan standar yang ada dan lebih baik lagi.