STRATEGI MENINGKATKAN BRAND EQUITY DEPOT SOERABAYA FAVORITE DI FOOD FESTIVAL
Abstract
Berdasarkan data penjualan perusahaan, dalam lima bulan konsumen yang datang ke
Soerabaya Favorite cenderung tidak stabil. Permasalahan yang ada di Soerabaya Favorite adalah
konsumen cenderung lebih mengenal produk yang dijual oleh Soerabaya Favorite daripada nama
merek Soerabaya Favorite itu sendiri. Padahal di Food Festival Pakuwon City terdapat pesaing
yaitu, Warung Laguna yang menjual produk yang sama. Oleh karena itu, untuk membedakannya
dengan produk pesaing lain, maka nama Soerabaya Favorite sebagai merek penyedia bagi
makanan dan minuman harus tertanam di benak konsumen. Salah satu cara yang dapat dilakukan
oleh Soerabaya Favorite untuk dapat menarik pengunjung Food Festival menjadi konsumen
adalah dengan meningkatkan ekuitas mereknya.
Penelitian ini bertujuan untuk merancang strategi meningkatkan brand equity depot
Soerabaya Favorite di Food Festival. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Subyek
penelitian yang digunakan ada enam informan yang terdiri dari dua orang yang berprofesi
sebagai dosen, satu orang yang berprofesi sebagai konsultan marketing, dan dua orang yang
merupakan konsumen. Prosedur pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi.
Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan dalam membangun merek yang kuat dapat dilakukan
dengan menciptakan image perusahaan yang baik dan memiliki keunggulan kompetitif yang
unik. Keunggulan kompetitif yang unik bisa didapatkan melalui produk yang unik atau desain
yang unik. Merek yang kuat juga dibangun melalui konsep merek dan positioning yang tepat.
Tahapan yang penting dalam membangun merek yang kuat terdiri dari brand awareness, brand
association, brand quality, brand loyalty. Selain itu, tahapan yang paling penting dalam
membangun merek yang kuat adalah positioning dan differentiation. Ada beberapa cara yang
dapat digunakan dalam membangun merek yang menarik, diantaranya adalah menggunakan
komunikasi pemasaran secara kreatif. Merek yang menarik dapat dibangun dengan nama,
logo/simbol, tagline, jingle, sampai kemasan yang menarik. Selain itu, penulisan nama harus
tepat dan unik